Museum Zoologi Bogor adalah sebuah museum yang menampilkan bermacam-macam kerangka fauna yang diawetkan, mulai dari burung hingga paus biru yang bertubuh sangat besar. Lokasinya berada di dalam Kebun Raya Bogor. 

Museum yang didirikan tahun 1894 ini menjadi salah satu objek wisata paling favorit di Bogor. Di samping karena biaya masuknya yang terjangkau, Museum Zoologi memang pada dasarnya mampu membuat pengunjungnya berdecak kagum atas apa yang ditampilkan di sana.

Foto-foto Museum Zoologi Bogor

Di artikel ini, kamu bakal ngelihat beberapa sisi ruangan dan koleksi yang ada di Museum Zoologi Bogor. Kalo kamu suka, jangan lupa komen, subscribe, dan… oke lanjut.

foto museum zoologi bogor
Ini jalan masuk ke gedungnya. Sepanjang lorong ini, kamu bisa ngelihat beberapa foto fauna yang aneh-aneh beserta informasi tentang nama, jenis, sampai habitat fauna tersebut.
Setelah masuk, koleksi pertama yang bakal kamu lihat adalah kerangkan hewan-hewan berkaki empat. Keren, tapi agak serem sih kalo diperhatiin. Eh, ibu-ibu itu nggak termasuk koleksi, ya. Sembarangan!
Ini salah satu kerangka yang ada di area dekat pintu masuk. Mau tahu kerangka apa? Cari tahu dengan dateng langsung dong.
Sama dengan di atas. Perhatikan giginya, lalu bayangkan kamu dikunyah sama hewan ini. Ew!
Setelah masuk pintu awal, belok kiri, lalu belok kiri lagi, maka kamu akan ketemu ruangan ini. Koleksi fauna yang ada di ruangan ini rata-rata berukuran kecil, yang beberapa di antaranya pasti pernah kamu lihat.
Diorama burung pantai yang ada di ruangan yang dijelasin di atas. Eh, kamu sadar nggak, burung pantai kayaknya sekarang agak susah ditemui, ya?
foto museum zoologi bogor
Di area awal dekat pintu masuk, ada dinding informasi ini. Kamu bisa tahu kapan Museum Zoologi berdiri, perubahan apa saja yang sudah dilakukan, sampai siapa pengurusnya sekarang dengan melihat berbagai informasi yang dipajang di dinding tersebut.
Duh, ini pas pertama saya lihat, ngerinya bukan main. Kepiting raksasa yang ditemukan di Jepang. Saya nggak kebayang misalnya lagi berenang, atau snorkeling gitu, digigit sama kepiting sebesar ini. Linu rasanya.
foto museum zoologi bogor
Wah, menurut saya pribadi, ini koleksi terbaiknya Museum Zoologi Bogor: Paus Biru. Ditemukan di Pantai Pameungpeuk/Santolo, Priangan Selatan, tahun 1916.
Paus biru merupakan paus terbesar di dunia yang pernah ditemukan. Ukurannya sekitar 2 kali lebih besar dari sperm whale. Kalo kamu dimakan sama paus biru, dia nggak pake ngunyah.
Agak serem sih sebenarnya, tapi keren. Ada beberapa kepala binatang lain yang juga menempel di dinding ini. Cuma yang paling keren menurut saya, ya, kepala gajah ini. Kalo kepala gajah ini jatuh dan kamu ketiban di bawahnya, kayaknya butuh 2-3 orang dewasa untuk mengangkatnya.
Fauna terakhir yang saya kunjungi adalah landak. Kenapa? Karena menurut saya, landak itu binatang yang punya gaya pertahanan diri keren. Saat ia merasa terancam, ia bisa mekar dan berlindung di balik bulu-bulunya yang tajam. Pernah kebayang nggak sih kamu punya sistem pertahanan diri kayak landak ini? Kece abis pastinya. Berbulu.

Berapa tiket masuk Museum Zoologi?

Jawabannya adalah gratis. Museum Zoologi ini merupakan salah satu fasilitas yang tersedia di Kebun Raya Bogor. Jadi, kamu hanya perlu membayar tiket masuk ke Kebun Raya Bogornya saja sebesar Rp. 15.000.

Nah, itulah beberapa foto Museum Zoologi Bogor yang moga-moga bisa membuat kamu tertarik untuk mengunjunginya. Kalo kamu punya pengalaman menarik tentang tempat ini, share di kolom komentar, ya.

Baca juga:

Teks & Foto: Dewa

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of