Paparan Kurt Cobain dan teman-temannya memang luar biasa. Mereka mampu menghidupkan dan menyebarkan ajaran grunge tak hanya di tempat mereka berasal, Amerika, tapi juga ke negara tetangga bahkan hingga ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Tak sedikit musisi kelas kakap Indonesia mengakui bahwa Nirvana memiliki imbas besar dalam hidupnya. Ambil saja contoh Ariel NOAH. Saking menggandrungi band yang terbentuk di tahun 1987 itu, Ariel pernah membuat lagu untuk sang frontman. Sayangnya, pasar masih lebih penting buat Ariel.

Bukannya surut, paparan Nirvana dan ajarannya makin menguat. Bertahan kokoh hingga ke era di mana sulit membedakan satu genre dengan lainnya seperti sekarang.

Baru-baru ini saya mendapat surel berisikan lagu-lagu dari satu band asal Bandung bernama Freak. Mereka adalah bukti bahwa Nirvana masih sangat relevan untuk dijadikan contoh dalam bermusik.

freak band

Freak baru saja merilis album kelimanya yang bertajuk Square. Dibalut dengan artwork yang apik, mudah diingat dan catchy, album ini berisikan 6 lagu total yang mana lagu berjudul ‘Peace Please’ adalah yang paling menarik. Menurut saya.

Saya cukup yakin band ini kerasupan Nirvana, atau setidaknya memasrahkan diri untuk terpapar Nirvana. Kenapa? Karena mulai dari arrangement, rasa, bahkan ambience sound-nya benar-benar satu gaya dengan Nirvana. Hanya saja, buat saya pribadi, Freak lebih gesit dalam menginjak ‘pedal gas’.

Saya suka bagaimana sang gitaris, Zubbey, bermanuver dengan gitarnya di lagu ‘Destruction Distortion’. Tempo yang cepat dan distorsi tebal, cukup ampuh membangunkan semangat. Ditambah lagi sang vokalis, Ogie, dengan suara berat dan maskulin di lagu ‘Duniaku’, terdengar penuh ambisi dan begitu membara.

Jika kamu salah satu geek fans-nya Nirvana atau Pearl Jam, sepertinya Freak patut kamu dengar. Berikut lagu-lagu yang ada dalam album terbaru Freak:

  • The One
  • Peace Please
  • Destruction Distortion
  • It Seems
  • If You Find Me
  • Duniaku

Kamu bisa langsung membeli album dan mencari tahu lebih jauh tentang Freak melalui media sosialnya: @frk_theofficial. Jika kamu pernah mendengar dan punya pendapat tentang album terbaru Freak ini, share di kolom komentar, ya!

Penullis: Dewa

Baca juga: 

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of