Bukit Karang Numpang mengharuskan kamu usaha lebih untuk mencapai puncaknya. Tapi, tenang. Jalurnya nggak terlalu berat, kok.

Keadaannya jauh lebih asri dibanding Tebing Panenjoan, di mana puncaknya dihuni oleh tumbuhan ilalang dan tentunya bebatuan serupa karang yang terdapat di sebagian besar area.

Kamu harus mengikuti jalan setapak, melewati jalur yang memiliki kontur kurang rata, dengan beberapa area hijau yang dapat terlihat di sekeliling kamu.

Dari puncaknya, kalo cuaca lagi cerah, kamu bisa ngelihat kemegahan Gunung Gede-Pangrango dan Gunung Salak. Juga, beberapa sisi Sukabumi yang padat berselimut kabut saat pagi menjelang.

Buat kamu yang mau nginep-nginep manja, kamu bisa ngebangun tenda di areal puncaknya. Tapi, jangan lupa izin ke pihak pengelola.

Lokasi Bukit Karang Numpang, Sukabumi:

Bukit Karang Numpang terletak di Desa Cibolang, Kecamatan Gunung Guruh, Sukabumi. Jika kamu berangkat dari kota Sukabumi, kamu hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke sini.

Biaya/tiket masuk Bukit Karang Numpang, Sukabumi:

Tiket masuk Bukit Karang numpah hanya berkisar Rp. 3.000-Rp. 10.000. Harga mungkin naik di musim liburan. Dan bagi kamu yang ingin mendirikan tenda alias camping, utamakan izin terlebih dahulu dengan pihak pengelola. Perihal biaya yang harus dikeluarkan, diperkirakan sekitar Rp. 30.000. Tapi, harga ini bisa berubah sesuai kebijakan pengelola tempat wisata.

Bukit Karang Numpang, tiket masuk, tenda
Salah satu sisi bukit karang numpang yang dipenuhi bebatuan berupa karang. Kamu harus berhati-hati jika ingin berswafoto di sini. Konturnya terjal dan licin. Foto: Abdul Muiz

Review & Tips Mendaki Bukit Karang Numpang

Ada beberapa hal yang mau Gloob! kasih tau ke kamu terkait pendakian menuju puncak Bukit Karang Numpang Sukabumi ini. Untuk lebih lengkapnya, simak:

Kendaraan

Akan lebih baik kamu membawa kendaraan pribadi ke sini, atau seenggaknya nyewa. Entah karena Gloob! nggak tahu atau apa, transportasi umum untuk menuju Bukit Karang Numpang dari kota Sukabumi agak sulit. Lagipula, nyewa kendaraan kayak motor di Sukabumi murah, kok. Per-hari kamu cuma dikenakan biaya sekitar Rp. 70.000.

Bawa snack

Memang wajar kalo harga jajanan di tempat wisata tuh agak melejit. Termasuk di Bukit Karang Numpang ini. Untuk mengakalinya, kamu bisa bawa jajanan kamu sendiri dari luar tempat wisata.

Tapi…

Kalo memang nggak kepepet banget dan dirasa budget kamu cukup, baiknya sih jajan di lokasi. Ngebantu perekonomian warga lokal. Kalo bukan kamu, siapa lagi. Lagian, selisih harganya cuma seribu-dua ribu, kok. Nggak kayak di Monas.

Sedikit peduli

Ini pesan moral sih. Bukit Karang Numpang itu tempat wisata yang udah banyak diketahui orang. Banyak banget yang udah ke sini. Tapi sayangnya, cuma sedikit yang sadar kalo bawa makanan atau minuman kemasan, ya harus bertanggung jawab sama sampahnya.

Dari awal kamu baru sampai lokasi wisata sampai puncaknya, kamu bakal sering nemuin sampah berserakan hampir sisinya.

Kamu perlu banget inget kali kebersihan bukan cuma tugas warga sekitar atau pihak pengelola wisatanya aja. Kamu sebagai pengunjung juga. Lagian, segelintir pihak pengelola dan warga sekitar juga sulit ngurusin sampah yang segitu banyaknya.

Kamu adalah penentu dan pemulai. Bikin pengunjung lain sadar bahwa kebersihan merupakan tanggung jawab bersama. Bawa thrashbag sendiri, lalu pungut sampah sebanyak yang kamu bisa.

Berawal dari situ, bakal banyak orang yang bakal tersentil. Moga-moga mereka paham maksud kamu.

Oke, secara keseluruhan Bukit Karang Numpang punya nilai 6 dari 10, menurut Gloob. Lumayan pas untuk melepas penat, terlebih karena nggak makan biaya banyak. Tapi kalo untuk dateng di hari-hari libur gitu, hmm, kayaknya nggak. Pasti bakal rame banget. Bukannya melepas penat, malah nambah penat.

Masih banyak kok objek wisata di Sukabumi yang lumayan oke buat dijadiin destinasi liburan selanjutnya. Cari aja di kolom pencarian.

Terus, kalo kamu punya penilaian sendiri terkait Bukit Karang Numpang, cantumkan di kolom komentar, ya. Ulasanmu bakal di masukin ke artikel ini, kok. Tenang. Have a great trip, mate!

Penulis: Galih

3
Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Jajal Ketangguhan di Bukit Karang Numpang […]

trackback

[…] Bukit Karang Numpang, Tempatnya Menjajal Ketangguhan […]

trackback

[…] Tangguhnya Bukit Karang Numpang […]