Batik merupakan pakaian khas rakyat Indonesia. Keanggunan motif dan tingginya nilai seni yang terkandung didalam batik membuat banyak negara lain kagum akan kaistimewaan pakaian tersebut.

Selain menjadi ciri khas Indonesia, batik juga telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia pada 2 oktober 2009 silam oleh UNESCO.

Jenis-jenis batik di Indonesia terbilang banyak. Banyak banget malah! Masing-masing daerah memiliki corak batik yang khas dan mempunyai cerita unik dibalik motif batik tersebut.

Keindahan batik Pekalongan dan kegagahan batik Kraton emang udah mendunia, namun ada beberapa batik yang jarang didenger tapi memiliki nilai seni yang nggak kalah dengan dua batik diatas, yaitu:

Batik Batak

Jenis-jenis batik

Batik Batak atau biasa disebut Gorga ini biasanya hanya memiliki tiga campuran warna, yaitu merah, hitam, dan putih. Bahan dasar dari batik Batak ini ada dua, yang pertama dari sutra, dan yang kedua dari katun.

Batik Papua

Jenis-jenis batik

Keindahan batik papua yang khas membuat batik ini banyak diminati oleh wisatawan mancanegara. Gambar-gambar patung yang menjadi corak batik ini ditambah dengan warna-warna gelap yang berpadu didalamnya merupakah ciri yang membuat batik ini terlihat sangatlah berbeda dengan batik lainnya.

Batik Tanah Liek

Jenis-jenis batik

Batik tanah liek atau batik tanah liat merupakan batik yang berasal dari Minangkabau. Sesuai dengan namanya, batik tanah liek ini diberi warna dengan menggunakan tanah liat yang diberi air, kemudian kain yang digunakan untuk membuat batik direndam didalamnya selama satu minggu.

Selain itu, pewarna yang digunakan untuk membuat motif juga berasal dari tumbuhan, antara lain kulit jengkol, manggis, getah gambir, jerami padi, kulit mahoni, kulit rambutan, dan masih banyak lagi. Hal itulah yang menjadi salah satu pembeda jenis batik Tanah Liek.

Batik Besurek

Jenis-jenis batik

Batik besurek adalah batik yang berasal dari Bengkulu. Batik besurek memiliki ciri yaitu motifnya berupa kaligrafi yang dipadukan dengan gambar bunga raflesia yang merupakan simbol khas bengkulu.

Batik Aceh

Jenis-jenis batik

Jenis batik Aceh memiliki ciri dimana motifnya memadukan unsur alam dan budaya yang ada dimasyarakat Aceh itu sendiri. Perbedaan Batik Aceh dengan batik jawa atau yang lainnya dapat dilihat diwarnanya, Batik Aceh dominan dengan warna cerah seperti merah muda, kuning, dan hijau.

Baca juga:

Penulis: Dewa

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of