Bach Long Vi adalah sebuah pulau di Vietnam yang tersohor dengan atraksi wisatanya yang beragam dan sangat memikat.  Selain wisata, Bach Long Vi juga menjadi spot memancing paling popular di Vietnam.

Tapi, pernahkah kamu tau, sebuah legenda Vietnam yang bercerita tentang ‘lahir’nya Bach Long Vi?

Terdapat dua versi yang menceritakan bagaimana pulau Back Long Vi terbentuk. Keduanya cerita tersebut memiliki kesamaan, yakni berkaitan dengan makhluk-makhluk mitologi.

Mitos Naga Perdamaian

legenda vietnam
Foto: Ancient Origins

Cerita pertama berawal dari perebutan wilayah antara Vietnam dan China. Dulu, saat Vietnam dan China terus berselisih memperebutkan wilayah, Dewa mengirimkan keluarga naga yang bertujuan untuk melerainya.

Para naga yang diutus lalu mengeluarkan cairan dan bebatuan permata dari mulutnya ke lautan secara terus menerus. Cairan dan bebatuan permata tersebut kemudian menjelma menjadi pulau kecil berjumlah ratusan saat menyentuh laut. Secara perlahan, pulau-pulau yang terbentuk dari muntahan naga menyatu hingga menjadi sebuah dinding besar yang menghalangi China yang ingin menguasai wilayah Vietnam.

China akhirnya tak mampu menggapai keinginannya dan Vietnam pun terbebas dari ancaman. Disaat yang sama, para naga tidak memilih untuk kembali ke khayangan dan justru tertarik untuk tetap tinggal di bumi.

Keluarga naga yang tinggal di bumi berubah menjadi pulau. Tempat di mana sang ibu naga bernaung kini dikenal dengan nama Ha Long, yakni ibukota provinsi Quang Ninh. Ha Long sendiri memiliki arti descending dragon atau naga yang singgah.

Tempat di mana anak naga merawat sang ibu naga kini dikenal dengan nama Pulau Bai Tu Long. Bai berarti merawat, Tu berarti anak, dan Long berarti naga. Sedangkan Pulau Bach Long Vi sendiri, merupakan bentuk dari ekor dari anak naga tadi. Bach Long Vi memiliki arti white dragon tail, atau ekor naga putih.

Raja Perkasa

legenda vietnam
Foto: Vietnamese Wikia

Legenda Vietnam kedua berasal dari dinasti Hong Bang, yang berjaya 2879 sebelum masehi. Kala itu hiduplah seorang raja yang dikenal dengan nama Lac Long Quan.

Lac Long Quan menyadari bahwa beberapa warganya yang tinggal berdekatan dengan laut terisolasi dan tidak berkembang.

Tidak berkembangnya masyarakat pesisir disebabkan karena adanya seekor monster ikan raksasa yang dapat dengan mudahnya menelan siapa pun yang hendak berlayar mencari ikan. Hal itu membuat para nelayan takut dan tidak menjalankan tugasnya.

Lac Long Quan tidak tinggal diam. Ia membangun sebuah kapal besar, dilengkapi dengan patung manusia yang akan digunakannya sebagai tipuan untuk membunuh monster tersebut.

Saat semua peralatan yang dibutuhkannya terpenuhi, Lac Long Quan langsung menyambangi gua besar tempat sang mosnter tinggal.

Pertarungan hebat terjadi. Patung manusia tipuan dibakar Lac Long Quan dan dilemparkannya ke mulut sang monster yang terbuka lebar. Mulut sang monster pun terbakar. Disaat sang monster lengah, Lac Long Quan mengambil pedangnya, lalu melibaskannya ke sang monster.

Sang mosnter terbunuh. Tubuhnya terbelah menjadi tiga bagian. Salah satu bagian tubuhnya, yakni ekornya, terdampar di laut dan berubah bentuk menjadi sebuah pulau yang kini dikenal Bach Long Vi.

Kedua legenda Vietnam tentang asal muasal pulau Bach Long Vi tersebut masih terkenang di masyarakatnya hingga kini. Namun, sebelum abad ke-20, sebutan untuk pulau Bach Long Vi berganti menjadi Vo Thuy. Nama Vo Thuy sendiri memiliki arti tidak ada air, merujuk fakta bahwa di pulau tersebut memang tidak ada sumber air sama sekali.

_____

Baca juga: Peperangan dan Kura-kura Penunggu

Penulis: Dewa

1
Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Pulau Misterius dari Makhluk Mitologi […]