Secara penanggalan, sebenernya di 2018 dan 2019 nanti nggak ada yang beda dengan tahun-tahun sebelumnya soal hari libur. Yang bikin seru di tahun ini dan tahun depan itu hari dimana jatoh tanggal merahnya. Oh, Thank God! Banyak libur panjang, banyak “ekstra” long weekend, hari cuti bersama atau dari dulu entah kenapa jamak disebut Hari Kejepit Nasional.

Buat pegawai kantoran dan anak kuliahan, ini moment yang ditunggu-tunggu sekaligus serba salah. “Loh, serba salah gimana?” Cuma butuh penjelasan klasik sederhana aja ngejawab ini dan kalian tau lah, “kurang libur-ngeluh, kebanyakan-bingung”.

Kalo ternyata bener rezeki itu nggak melulu soal duit, terus pertanyaannya kemudian, itu libur segitu padet, udah ngapain aja? Dan, kedepannya mau ngapain aja?

Jangan terbatas dengan gimana cara nikmatin libur itu ya jalan-jalan atau nongkrong, yang kegiatan itu cukup rutin dilakuin pas akhir pekan seperti biasanya. Emang segitu pusing kah weekdays-nya sampe otak nggak bisa diajak mikir yang lain? Ini mikir soal liburan loh!

Okelah, Gloob! coba bantu cari ide, ya!

Tags: tips cuti, libur mahasiswa

  • Berkunjung ke saudara beneran

Come on, people! Mesti nunggu apa lagi buat ketemu saudara di lingkungan keluarga, masa di moment tertentu doang sih. Jauh banget bukan alasan. Traveling ke luar negeri aja bisa, kan?

  • Beli dan baca buku

Baca buku diidentikin dengan tipe orang tertentu. Kedengeran malah kayak ngebatasin diri sendiri. Istilah ngga suka baca itu sesuatu yang kalian karang sendiri. Pilih buku yang topik atau genre-nya kalian butuh, bukan suka. Terutama buat yang baru mau mulai baca-baca, ada loh gaya tulisan dari si penulis yang cenderung berat buat ngebahas suatu topik ringan.

Buat yang hobi dan habit, udah punya On the Road by Jack Kerouac, Catch-22 dari Joseph Heller, To Kill a Mockingbird-nya Harper Lee, The Godfather-nya Mario Puzo, Nineteen Eighty-Four-nya George Orwell, atau Kafka on The Shore-nya Haruki Murakami?

 

  • Beberes

Nah ini! Yuk lah beresin kamar rumah, apartment atau kosan. Kegiatan ini bisa bikin fresh. Apalagi kalo mau ganti mood ruangannya, yang simple aja, dijamin seru! Ada yang dari no budget sampai lowlibb budget. Kalo spend money kebanyakan untuk ngelakuin ini kayaknya nggak perlu deh.

 

  • Nulis skripsi

“Kapan lulus?” Film dengan genreDrama-Thriller” ini disutradarain oleh pembimbing skripsi dan diproduserin sama orang tua. Lagian ngapain sih betah amat di kampus, enak banget emang? Jawab sendiri terus jawabannya mungkin bisa bikin nambah motivasi buat nyelesain skripsi.

Tags: tips cuti, libur mahasiswa

  • Masak!

Cowok yang ngedumel, let me tell you something, Steve Roger dan Adam Levine ngaku mereka kalo santai di rumah suka nyoba-nyoba masak, kok. Celana model skinny masih lumayan oke, otak jangan! Ajak pasangan buat masak terus undang temen-temen deket buat makan bareng di rumah.

 

  • Ke Bengkel

Motor atau mobil pribadi bukan pahlawan tanpa tanda jasa. Keduanya punya andil di keseharian kalian dan layak buat diperlakukan dengan baik. Selama ini sering nunda buat bawa mereka ke bengkel padahal kondisinya mulai kurang beres.

Tags: tips cuti, libur mahasiswa

  • Upgrade fashion

Cara lain ngabisin liburan plus duit. Upgrade fesyen disini bukan beli item yang serba tren, ya. Terpenting sih perbaruin stok top or bottom atau aksesoris yang pasti bakal digunain sehari-hari aja.

 

  • Cek Kesehatan

Pasang label “workaholic” buat diri sendiri silakan. Beberapa penyakit itu emang nggak langsung keliatan atau kerasa. Minimal untuk sekedar tau, nggak ada salahnya. Bisa juga kalo kalian sekalian ajak orang tua atau pasangan.

Tags: tips cuti, libur mahasiswa

  • Ambil Short Course or Training Skill

Fotografi, Barista, Public Speaking, dll. Buat sekedar bisa-bisaan juga nggak apa-apa.

____________________

Baca juga: Anak Muda kok Kolot!

Penulis: Fikri Ardiansyah

1
Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Libur yang Membingungkan […]