Staycation adalah kegiatan berlibur dengan mengunjungi atraksi-atraksi wisata yang berdekatan dengan rumah, misalnya menikmati wahana yang ada di Dufan bagi kalian yang tinggal di Jakarta.

Secara umum, staycation juga bisa dibilang sebagai kegiatan berwisata yang nggak butuh banyak syarat. Tapi, buat Gloob!, staycation punya arti yang agak beda.

Staycation menurut Gloob! merupakan kegiatan menginap di tempat baru, misalnya hotel, tapi nggak begitu jauh dari rumah. Penginapannya juga harus ditentuin dengan baik.

Contoh, pilihan menginap kalian jatuh di hotel A karena ada beberapa aspek yang menguntungkan, kayak harganya oke, fasilitasnya mantap, dan ada coffee shop kece di dekatnya. Itu baru staycation menurut Gloob!

Nah, disaat kalian udah nemuin penginapan yang sesuai keinginan kalian, ada beberapa aktivitas yang bisa bikin staycation kalian makin seru, yaitu:

1. Curhat

liburan akhir pekan, staycation adalah, istilah dalam traveling, ide staycation
Foto: Pauldughi

Kadang tempat jadi faktor penyebab obrolan kita nggak berkualitas. Terutama ketika curhat, mungkin banyak dari kalian yang ngerasa kurang enak kalo mencurahkan permasalahan ke temen kalian di rumah.

Entah itu takut didenger ortu, tetangga, atau emang suasananya kurang ngena aja kalo curhat di rumah.

Dengan menginap di tempat baru, walau pun emang nggak jauh-jauh amat, kalian lebih punya privasi. Kalian bisa certain semua permasalahan yang ada, ketawa, nangis, tanpa perlu takut ortu atau tetangga bakal denger.

2. Nonton Film

Foto: Livemint

Kasusnya sama kayak curhat, privasi. Berdasarkan pengalaman rekan-rekan Gloob!, nonton film di ‘kamar’ baru di luar rumah tuh rasanya beda banget, terutama pas nonton horror atau drama.

Emosi tuh bisa keluar seada-adanya. Kalian yang junkie banget sama film horror, bisa ngeluarin kata sekasar-kasarnya pas ada adegan yang ngaggetin; atau kalian yang sering terbawa sedih pas nonton film drama, bisa nangis sampai mata kalian bengkak.

Oke, itu too much kalo kata anak Jaksel.

Nah, Gloob! Punya beberapa daftar film yang seru buat ditonton sama temen pas lagi staycation. Mungkin film-film ini dapat memicu perdebataban di antara kalian.

Untuk menonton film-film ini bareng teman, dianjurkan untuk nggak membawa benda keras, tajam, dan pas digenggaman.

  • Shutter Island
  • Inception
  • Fight Club
  • Memento
  • Gone Girl
  • Interstellar
  • Oldboy
  • Nocturnal Animal
  • Rear Window

Kalo kalian punya referensi film yang gokil, kasih tau Gloob! lewat komen, ya, biar Gloob! Masukin ke daftar ini.

3. Kulineran

Foto: IdnTimes

Dosa banget kalo jalan-jalan, dengan pilihan gaya apa pun, tapi nggak kulineran. Itu kayak pake baju tapi nggak ada lubang buat masukin lengan. Nggak nyambung, ‘kan? Yaudahlah, begitu intinya.

Pilihlah tempat menginap yang emang deket sama area yang banyak tukang makanan. Biasanya aplikasi penyedia jasa booking hotel nyantumin keterangan bahwa hotel yang kalian lagi review itu deket sama apa aja. Jadi, kalian juga bisa tau dan memprediksi kalian bakal ngapain aja.

Buat kalian yang tinggal di Sukabumi, coba nih baca artikel tentang wisata kuliner terbaik di Sukabumi. Dijamin membantu. Nah, buat kalian yang tinggal di area Jabodetabek, kawasan Blok M dan Sabang bisa jadi pilihan.

4. Walking tour

liburan akhir pekan, staycation adalah, istilah dalam traveling, ide staycation
Foto: Lamag

Ini yang paling wajib, walking tour. Pertanyaannya, apa sih walking tour?

Sederhananya walking tour adalah upaya kita untuk mengenal tempat sekitar kita lebih dalam, baik budaya atau sejarah yang ada di baliknya, dengan berjalan kaki.

Buat yang tinggal di area Jabodetabek, ada Jakarta Good Guide yang bisa dibilang pelopor dalam aktivitas ini.

Kalian bisa langsung daftar untuk ikut walking tour rutinnya, yang nantinya akan dipandu oleh pemandu-pemandu kece yang bisa ngejawab rasa penasaran kalian terhadap tempat yang bakal kalian datengin.

Nah, berikut adalah pengertian staycation dan aktivitas seru apa aja yang bisa kalian lakukan ketika ber-staycation-ria. Buat kalian yang punya tambahan, langsung utarakan di kolom komen, ya.

Penulis: Dewa Aji 

2
Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of
niken swastika
Guest
niken swastika

Terima kasih atas infonya sangat bermanfaat, ditunggu info bermanfaat selanjutnya. Jangan lupa kunjungi website kami juga ya di paketwisatabantul(dot)com
semoga sukses selalu 🙂

trackback

[…] dimulai dari Jakarta sekitar pukul 19.00 menuju kota Malang. Melihat jarak dan situasi jalanan, waktu tempuh menuju kota […]