Sebenernya sih trend kuliner bercitarasa pedas di Indonesia udah ada dari dulu dan nggak pernah hilang. Hanya aja, akhir-akhir ini skalanya emang makin menjadi-jadi, ditambah lagi citarasa pedas yang disajikan kini makin ada-ada aja jenisnya. Pedas-manis, pedas-asin, pedas-tarian. 

Kamu pasti udah nggak asing sama tempat makan yang menyajikan makanan pedasnya menggunakan sistem level. Masing-masing level mengartikan tingkat kepedasan yang berbeda. Mulai dari yang level 1 dengan hanya menggunakan 5-10 cabai, sampai level 10 dengan puluhan bahkan ratusan cabai.

Ternyata, kultur giat mengonsumsi makanan pedas nggak cuma eksis di Indonesia. Lumayan banyak negara lain juga tergila-gila dengan makanan pedas, salah satunya Amerika.

Faktanya, negara adidaya ini punya makanan bercitarasa pedas yang khas dan dikenal dengan nama Suicide Chicken. Mantap kan? Dari namanya aja udah depresi banget.

Makanan ini terbuat dari ayam (iya dong, jelas) yang digoreng lalu dilumuri saus khusus. Saus tersebut terbuat dari campuran bawang putih, lada hitam dan putih, gula merah, mentega, saus cabai, dan saus BBQ.

Tingkat kepedasan bisa diatur dari penggunaan jenis saus cabai. Kalo mau yang super pedas, maka pilih saus cabai dengan skala scoville tertinggi. Contohnya saus CaJohns Get Bitten Black Mamba yang memiliki SHU (scoville heat unit) sebesar 6 juta.

Sebagai perbandingan: satu cabai rawit Jawa (dikenal juga cabai domba) itu hanya memiliki SHU sebesar 50-100 rb. Jadi, kalo kamu bikin suicide chicken menggunakan saus cabai yang memiliki SHU 6 juta, pastinya kamu bakal kepedasan parah. Nggak fokus. Besar kemungkinan lidahmu berubah jadi kulit dengkul… Nggak dong. Canda.

Nah, untuk bisa menikmati makanan pedas yang satu ini, di tempat asalnya per porsi besar bisa dibandrol $70. Jika dikonversi ke rupiah, emang agak bikin kantong asma. Tapi kalo kamu cukup mahir di dunia permasakkan dan berani coba membuatnya sendiri, kayaknya dana yang dikeluarkan nggak sampai 100rb.

Penulis: Dewa

Baca juga:

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of