Musik ternyata memiliki segudang manfaat yang telah dibuktikan kebenarannya oleh beberapa penelitian. Untuk mengetahui apa saja manfaat tersebut, simak penjelasan berikut.

Kamu pasti pernah berkegiatan sambil mendengarkan lagu-lagu terbaik karya musisi favoritmu. Entah itu saat bersantai atau mengerjakan tugas, lagu-lagu tersebut selalu kamu putar. Beruntungnya, mendengarkan musik sambil beraktivitas memiliki beberapa dampak positif bagi tubuh. Berikut 6 di antaranya:

Manfaat mendengarkan musik
Gloob!/Dewa

1. Memperbaiki mood

Kayaknya untuk manfaat yang satu ini, kamu pasti pernah ngerasainnya. Saat capek sama tugas dan segala tanggung jawab, lagu favorit jadi obat paling dekat. Dan entah gimana, tubuh secara otomatis selalu ngikutin irama yang keluar dari pemutar musik kesayangan.

Manfaat ini bukan sekadar kepercayaan. Nyatanya, sebuah penelitian yang dimuat dalam The Journal of Positive Psychology (2013) pernah membuktikan keterkaitannya. Dalam penelitian tersebut, partisipan yang diminta mendengarkan musik secara berkelanjutan mengaku memiliki suasana hati yang lebih baik dari sebelumnya.

2. Mengurangi depresi

Depresi memang bisa datang kapan saja, di mana saja, dan dari siapa saja. Untuk itu, mengetahui cara mengurangi gangguannya merupakan kebutuhan.

Beruntungnya, menangani depresi tidaklah selalu rumit. Hanya dengan memutar lagu kesukaanmu, depresi yang kamu rasakan bisa berkurang.

Penelitian yang ada dalam World Journal of Psychiatry (2015) membuktikannya. Tak hanya diyakini ampuh mengurangi depresi, penelitian tersebut juga mengungkap bahwa musik adalah terapi yang cocok menangani rasa gelisah. Penelitian itu pun tidak sama sekali menemukan efek buruk dari musik yang digunakan sebagai media terapi.

3. Membuat tidur lebih baik

Kamu punya masalah dengan waktu tidur? Atau kamu menderita insomnia? Jika iya, musik bisa kamu gunakan sebagai terapi untuk mengatasi masalah yang menimpamu itu.

Manfaat ini bukanlah sugesti belaka. Penelitian yang digagas Harmat et al dan dimuat dalam Journal of Advanced Nursing membenarkan klaim itu. Dalam penelitiannya, partisipan yang mendengarkan musik klasik selama 45 menit memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibanding mereka yang tidak.

4. Meningkatkan daya ingat

Kalau kamu suka mengerjakan tugas atau belajar sambil mendengar lagu garapan musisi idolamu, maka kamu beruntung. Sebab, itu diyakini bisa meningkatkan kemampuanmu untuk mengingat banyak materi yang tengah kamu kerjakan.

Situs kesehatan terpercaya dunia Verwell Mind juga menjelaskan bahwa mendengarkan musik saat belajar juga membantumu membangun emosi positif.

5. Meredakan stres

Tugas-tugas yang menggunung dan terus bertambah membuatmu stres? Ambilah pemutar musik, mainkan beberapa lagu yang paling kamu suka.

Penelitian berjudul The Effect of Music ond the Human Stress Response yang diprakarsai oleh Thoma dan kawan-kawan menunjukan hasil yang mengaggumkan.

Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa musik memiliki pengaruh positif terhadap sistem saraf pusat sehingga ampuh meredakan stres. Efek itu bahkan terjadi lebih cepat dibanding suara hutan atau gemericik air yang juga dipercaya menenangkan.

6. Meningkatkan kerja kognitif

Kamu mau bisa lebih cepat memahami sesuatu? Coba deh putar lagu beritme cepat. Tapi, sebisa mungkin jangan yang ada liriknya. Takutnya kamu justru bingung.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Aging Neuroscience (2014) mengungkap, orang yang bekerja sambil mendengarkan lagu-lagu upbeat memiliki kecenderungan untuk memahami suatu informasi atau pekerjaan lebih cepat. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih efektif menggunakan waktu.

Nah, itulah 6 manfaat mendengarkan musik yang telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Sekarang, kasih tahu Gloob! dong lagu apa saja yang lagi sering banget kamu denger? Share di kolom komentar, ya!

Satu lagi, dukung musisi favoritmu dengan membeli CD atau merch asli mere, ya. Have a great day, guys!

Baca juga: Nudist Island Band

Penulis: Dewa

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of