Menghabisi waktu senggang berkunjung ke museum itu nggak pernah gagal dan ngecewain. Apalagi kalo kamu datangnya ke Museum Nasional yang terletak di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Ke luar dari pintunya, kamu bisa-bisa jadi sejarawan handal. Oke… itu lebay.

Museum Nasional atau dikenal juga dengan nama Museum Gajah (ada patung gajah di depannya) adalah sebuah museum yang mengoleksi beragai macam benda bersejarah hingga kepurbakalaan. Museum ini kali pertama didirikan pada 24 April 1778, yang berarti kini usianya sudah lebih dari 2 abad.

Museum Nasional merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Nggak heran jumlah koleksi yang ada dalam museum ini lebih dari 140.000 benda!

Mengapa Berkunjung ke Museum Nasional Itu Pilihan Tepat?

Sejarah berdirinya Museum Nasional hanyalah sebagian kecil daya tarik museum ini. Saya pribadi memiliki beberapa alasan mengapa menghabiskan waktu senggang menelusuri Museum Nasional bukanlah hal yang sia-sia.

Dekat Dengan Rumah

museum nasional, tiket masuk, lokasi

Bagi kamu yang berdomisili di Jabodetabek, tentu ini menguntungkan. Kamu nggak perlu mengeluarkan tenaga, biaya, dan waktu banyak untuk ke sini. Terlebih aksesnya pun sekarang makin gampang. Banyak moda transportasi yang bisa dipilih.

Eksplor-able

museum nasional, tiket masuk, lokasi

Jadi, Museum Nasional terbagi menjadi dua gedung yang letaknya bersebelahan. Gedung utama memiliki tata ruang layaknya museum pada umumnya. Koleksi di gedung ini meliputi tengkorak manusia purba, diorama, hingga senjata yang digunakan oleh prajurit pada masa di mana saya dan bahkan kamu belum hidup.

Sedikit berbeda secara arsitektur, gedung kedua terlihat lebih elegan dibalut dengan nuansa zaman kolonial. Tata ruang gedung berbentuk segi empat, dengan taman terbuka di tengahnya. Di sekeliling taman dihiasi pilar-pilar besar.

Koleksi di gedung ini lebih didominasi oleh arca, prasasti, dan patung-patung bersejarah. Dari sekian banyak patung yang ada di Museum Nasional, salah satu yang paling menarik adalah patung Bhairawa.

Patung Tertinggi

museum nasional, tiket masuk, lokasi

Patung Bhairawa memiliki tinggi lebih kurang 4 meter, berdiri kokoh tepat di dekat pintu masuk. Patung ini merupakan peninggalan Adityawarman, yaitu pelanjut dari Dinasti Mauli yang pernah berkuasa di dataran Malayapura (Sumatra) pada tahun 1347 silam.

Ciri-ciri Bhairawa yang menggunakan ular sebagai gelang tangan, gelang kaki, anting, dan tali kasta tergambarkan di patung ini. Bhairawa sendiri merupakan salah satu perwujudan Dewa Siwa yang dikaitkan dengan tindakan pembinasaan dan pemusnahan.

Tiket masuk Museum Nasional yang super terjangkau

Seperti yang sudah disinggung di atas, nggak cuma irit tenaga, menghabiskan liburan ke Museum Nasional juga irit biaya. Untuk orang dewasa, biaya masuknya hanya Rp. 10.000/orang. Sementara untuk anak-anak, cuma Rp. 2.000/anak. Itu pun bisa lebih murah lagi kalo kamu bawa rombongan.

Jika kamu membawa rekan atau mungkin mengajak sanak keluarga ke Museum Nasional hingga jumlahnya 20 orang atau lebih, biaya masuknya bisa makin murah dari yang disebutkan tadi. Untuk rombongan, orang dewasa hanya dikenakan Rp. 3.000, dan anak-anak Rp. 1.000.

Dekat Dengan Tempat Wisata Lain

Disaat kamu sudah selesai mengelilingi museum dan mengamati berbagai koleksinya, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat lain yang nggak jauh dari Museum Nasional. Misalnya, di depan persis ada Monas. Di Monas terdapat museum juga di bagian bawah tugunya. Museum ini berisikan diorama-diorama yang memperlihatkan perjuangan pahlawan kita membela Tanah Air. Selain itu, seandainya kamu mau lihat Jakarta dari ketinggian, ya, Monas juga tempat yang tepat.

Ke utara sedikit, kamu bakal ketemu Museum Taman Prasasti. Museum ini mengoleksi berbagai macam prasasti nisan tua, jenis-jenis makam dari 24 provinsi di Indonesia, dan bahkan macam-macam kereta jenazah.

Kalo kurang, kamu bisa lanjut berjalan kaki dari Museum Taman Prasasti ke arah timur. Kamu bakal ketemu 2 tempat yang menjadi simbol toleransi di Jakarta: Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

Banyak Tempat Kuliner yang Lezat

museum nasional, tiket masuk, lokasi

Setelah muter seharian, tentu kuman dan asam lambung mulai adu jotos di perut. Jangan khawatir, banyak pilihan wisata kuliner di dekat Museum Nasional. Tapi, salah satu yang paling wajib kamu coba tentunya adalah the ultimate Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih.

Kamu pasti tahu betapa melegendanya tempat makan ini, kan? Resepnya sudah bertahan selama lebih kurang 6 dekade. Pelanggan yang datang tiap harinya mencapai ratusan. Mantap!

Untuk seporsi nasi goreng kambing legendaris itu, harga yang ditawarkan masih aman banget, yaitu Rp. 41.000. Jika kamu mau ekstra daging kambing, bisa nambah sate kambing yang dibandrol Rp. 30.000/setengah porsi.

Kendati banyaknya keunggulan yang sudah disebutkan, nyatanya Museum Nasional masih nggak begitu ramai di akhir pekan, apalagi di hari biasa. Padahal, museum ini bisa ngasih banyak ilmu yang bisa direnungkan. Sayang banget, ya?

Maka dari itu, kamu perlu memulai gerakan #LiburanKeMuseum. Awali dari orang-orang terdekat aja dulu, seperti sanak keluarga, kerabat, atau mungkin pasangan. Pasti berpengaruh!

Rangkuman:

Di mana lokasi Museum Nasional?

Museum ini berlokasi di Jl. Merdeka Barat No. 12, Gambir, Jakarta Pusat. Untuk ke sini, kamu bisa naik kereta lalu turun di stasiun Juanda. Dari stasiun Juanda, kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 2 km. Deket itu. Lihat Google Maps kalo masih bingung.

Berapa harga tiket masuk Museum Nasional?

Orang dewasa: Rp. 10.000/orang. Anak-anak: Rp. 2.000/anak. Untuk rombongan dengan minimal jumlah 20 orang, harga tiket masuknya bisa lebih murah, yaitu Rp. 3.000 untuk orang dewasa, dan Rp. 1.000 untuk anak-anak.

Apa saja koleksi yang ada di Museum Nasional?

Ada lebih dari 140.000 koleksi di Museum Nasional, yang terdiri dari arca, patung-patung bersejarah, prasasti, diorama, tengkorak manusia purba, hingga senjata perang.

Teks & Foto: Dewa

Baca juga: 

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of