Aturan umum saat naik gunung seperti jangan buang sampah, jangan memetik atau merusak tanaman, hingga jangan membuat api unggun, pastinya udah banyak yang tau. Nah, kenyataannya nggak semua peraturan itu tertulis dan gampang diingat.

Banyak dari kita sering lupa, atau malah mengabaikannya. Maka dari itu, Gloob! mau kasih tau aturan-aturan atau hal-hal yang perlu dipatuhi ketika akan mendaki gunung. Aturan-aturan ini seharusnya udah mendarah daging di diri seorang pendaki.

Jangan Meremehkan Jalur

naik gunung pemula, aturan mendaki gunung, perlu diperhatikan
Foto: Gloob!

Hal ini agak menyangkut psikologis. Semakin sering kalian menganggap jalur pendakian itu mudah, maka semakin sulit terasa pendakian tersebut. Positive thinking itu penting, tapi jangan terlalu berlebihan yang ujungnya malah mengarah ke hal-hal negatif. Misalnya, meremehkan. Cukup penuhi pendakian kalian dengan semangat dan keyakinan tinggi bahwa kalian mampu mendakinya. Jangan sampai pendakian kalian dibumbui dengan sinisme.

Tags: naik gunung pemula, aturan mendaki gunung, perlu diperhatikan

Jadilah Mandiri

naik gunung pemula, aturan mendaki gunung, perlu diperhatikan
Foto: Odssey

Ini hampir terjadi disemua golongan pendaki. Saat kalian masih baru, kalian akan ngomong, “Eh, bantu gue dong, kan gue masih baru”. Begitu pun setelah kalian menjadi senior, “Eh, angkat tuh barang. Gue mulu!”. Jadilah adil, siapa pun kalian dan sejago apa pun kalian dalam mendaki. Itu baru pendaki, dan mendaki.

Tags: naik gunung pemula, aturan mendaki gunung, perlu diperhatikan

Perhatikan Teman

naik gunung pemula, aturan mendaki gunung, perlu diperhatikan
Foto: Gloob!

Di sini, ego berbicara. Ada beberapa orang yang memiliki nafas ‘kuat’, dan yang lainnya nggak. Omongan awal tentang ‘jalan bareng’ gampang terlupa kalo udah begini ceritanya. Si A maunya cepet sampai puncak, Si B maunya santai karena kelelahan. Siapa pun kalian, kenalilah teman mendaki kalian, dan sebisa mungkin cari penengah. Utamakan tujuan mendaki kalian adalah pengalaman, bukan puncak.

Tags: naik gunung pemula, aturan mendaki gunung, perlu diperhatikan

Istirahat Secukupnya

naik gunung pemula, aturan mendaki gunung, perlu diperhatikan
Foto: Boone NC

Bukan bermaksud untuk menekan fisik kalian, tapi istirahat secukupnya emang jauh lebih baik dibanding terlalu lama beristirahat. Permasalahannya, jika kalian beristirahat dengan waktu yang tergolong lama, proses pembakaran dalam tubuh menurun. Perlahan suhu tubuh pun ikut menurun. Ujung-ujungnya, kalian kedinginan.  So, berhentilah saat kelelahan, atur nafas hingga normal, lalu lanjutkan kembali perjalanan serunya.

Tags: naik gunung pemula, aturan mendaki gunung, perlu diperhatikan

Jangan Membuat Jalur Baru

naik gunung pemula, aturan mendaki gunung, perlu diperhatikan
Foto: HoliCoffee

Se-jago apa pun kalian, dan sebanyak apa pun gunung yang telah kalian jajah, pembuatan jalur baru tetaplah dilarang. Kebijakan itu hanya dimiliki oleh pengelola, dan hanya dengan izin pengelola kalian bisa melakukannya. Semua selalu ada alasan yang jelas tentang pembuatan jalur pendakian. Jangan karena ingin segera mencapai puncak, atau mungkin mencoba ketangguhan, kalian malah melanggar bahkan merusak aturan yang ada.

 

Sssst, Wait!

naik gunung pemula, aturan mendaki gunung, perlu diperhatikan
Foto: Brilio

Namanya juga alam, wajar kalo mereka menyimpan segudang misteri di dalamnya. Wajar pula kalo kita melihat atau merasakan salah satunya. Saat itu terjadi ke diri kalian, diamlah sejenak. Jangan menceritakan hal tersebut saat mendaki atau turun gunung, karena akan menyebabkan salah fokus, yang bisa berujung bahaya. Tunggulah keadaan yang memungkinkan untuk cerita.

Baca juga:

Penulis: Dewa

1
Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of
trackback

[…] kalian yang biasa memesan es jeruk, terapkanlah pula saat mendaki. Jeruk yang mengandung 100% vitamin C ini sangat direkomendasikan para dokter untuk kalian yang […]