Malang yang terkenal dengan apel hijaunya juga mempunyai jajanan lain, yang tentunya dapat bikin perut kamu berteriak saat melihatnya.

Waktu saya mau berangkat pulang setelah liburan di Malang, seperti biasa, nyari buah tangan dulu buat orang rumah. Tapi disela-sela pencarian saya berpikir, “masa sih ke Malang oleh-olehnya apel. Di Depok juga ada.”

onde-onde malang, kuliner, makanan khas

Dari situ, saya agak muter otak. Saya coba tanya-tanya penjaga penginapan. Beliau malah menganjurkan apel lagi. Et dah!

Mengingat kereta berangkat malam, saya menyempatkan untuk berkeliling (lagi) kota Malang. Oleh-oleh saya tunda. Bisa sorean, pikir saya.

Saya mampir ke Alun-alun kota Malang. Disaat saya ke menghampiri mas-mas penjual minuman, terbesitlah oleh-oleh. Menurut saya, cara terbaik mencari sesuatu khas di kota yang tengah kita datangi, ya tanya ke warga sekitar.

Tanpa pikir panjang, si mas-mas penjual minuman itu menyebut nama Onde-onde HTS.

Asing banget nama itu buat saya. Untung ada si serba tahu Google yang bisa mengantar saya ke lokasi Onde-onde HTS. Melesatlah saya langsung.

Onde-onde HTS Malang

Untuk beberapa orang, onde-onde HTS ternyata bukan hal baru. Waktu saya sampai di TKP, pengunjungnya bukan main ramai. Beragam jenis plat nomor kendaraan terparkir di depannya.

onde-onde malang, kuliner, makanan khas

Telisik demi telisik, onde-onde HTS ini tuh sudah ada sejak 1927. Itu saya jadi embrio aja belum, pemiliknya sudah mijit-mijit adonan onde-onde.

Varian rasa onde-onde yang tersedia di Onde-onde HTS ini banyak banget. Namun satu yang paling genit bagi saya yakni onde-onde isi kelapa. Kapan lagi kan makan onde-onde isi kelapa? Biasanya juga kacang ijo, atau anak-anak 15 tahunan…

Ondel-ondel maksudnya. Sulit.

Pengalaman emang nggak bohong sih. Rasanya mantap. Tekstur luar onde-ondenya lumayan krispi. Pas digigit, kayak ada “krenyess” gitu. Terus, kelapa di dalamnya, uhhh, lembut gila! Manisnya berasa, tapi nggak lebay. Buat saya, takaran manisnya pas.

Begitu pun onde-onde konvensionalnya, isi kacang ijo. Kerabat saya yang nyicipin itu sampai mengacung-acungkan jempol, tanpa mengeluarkan sepatah kata. Dengan mulutnya yang masih penuh onde-onde, Ia bilang, “maannntttvvvvv!!”.

Kali ini, saya sangat merekomendasikan Onde-onde HTS untuk kamu coba!

Lokasi Onde-onde HTS, Malang:

Bagi kamu yang ingin merasakan kenikmatan kuliner yang satu ini, kamu cukup datang ke Depot HTS (Han Tjwan Sing) yang berlokasi di Jl. Dr. Wahidin, Lawang, Malang, Jawa Timur. Ini titik koordinatnya: Onde-onde HTS

Baca juga: Cicip langsung – Kebun Kopi di Bogor

Penulis: Galih

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of