Palung Mariana adalah palung terdalam yang pernah ditemukan, dengan kedalaman maksimum 10.911 meter, melebihi ketinggian Gunung Everest, dan kurang dari 6.500 km lagi menuju pusat bumi. Menurut Gloob!, Palung Mariana adalah palung yang paling penuh dengan misteri.

Persoalan hewan, Palung Mariana punya koleksi yang super aneh. Bahkan, di bulan November kemarin, peneliti dari University of Washington menemukan spesies baru yang kini diberi nama Mariana Snailfish (Pseudoliparis Swirei), yang hidup pada kedalaman 8000 meter.

Kata peneliti utamanya, Mackenzie Gerringer, penghuni palung Mariana tuh nggak keliatan kayak ikan yang kuat buat hidup di lingkungan se-ekstrem ini. Faktanya, emang ternyata ikan-ikan yang ada di palung Mariana itu ukurannya kecil, dan beberapa diantaranya ada yang tembus pandang.

Penghuni penuh misteri Palung Mariana

Nah, biar lebih ngerti tentang ekosistem palung terdalam dunia ini, simak beberapa ikan aneh yang cuma ada disana:

1. Hatchetfish

fakta palung mariana, laut terdalam dunia, ikan laut dalam, palung terdalam dunia, laut terdalam Indonesia, ikan hantu, ikan purba.  
Foto: Fish Lore

Ikan ini diberi nama Hatchetfish karena tubuhnya yang kurus, sisiknya yang mengkilap, dan bentuknya mirip banget sama kapak. Ukurannya kecil, cuma bisa tumbuh sampai 15 sentimeter.

Tetapi, penghuni palung Mariana ini dapat mengeluarkan cahaya dari tubuhnya, mengatur cahaya itu, yang kemudian digunakan sebagai penyamaran agar pemangsa susah melihatnya. Hatchetfish hidup di kedalaman 1.524 meter di bawah permukaan laut.

2. Seadevil Anglerfish

fakta palung mariana, laut terdalam dunia, ikan laut dalam, palung terdalam dunia, laut terdalam Indonesia, ikan hantu, ikan purba.  
Foto: Dailymail

Kalo ngeliat dari namanya, kayaknya kita sudah bisa nebak betapa anehnya ikan yang hidup di kedalaman 2000 meter ini. Gimana nggak? Selain bentuk yang nggak biasa, ukuran ikan Seadevil jantan dan betina jauh banget bedanya.

Untuk betina, ukurannya bisa mencapai 20 sentimeter; sedangkan jantan, ukurannya cuma 2,5 sentimeter. Fakta aneh lainnya, reproduksi ikan Seadevil ini adalah dengan cara menyatu.

Si jantan, yang ukurannya cuma 1/8-nya betinanya, menyatu dengan tubuh betina dan berubah menjadi tanki penyimpanan sperma yang akan membantu menyuburkan sel telur wanita saat waktunya sudah tepat.

3. Berreleyefish

fakta palung mariana, laut terdalam dunia, ikan laut dalam, palung terdalam dunia, laut terdalam Indonesia, ikan hantu, ikan purba.  
Foto: Youtube

Berreleyefish hidup pada kedalaman 762 meter di bawah permukaan laut. Ikan aneh penghuni Palung Mariana ini merupakan salah satu ikan yang memiliki keistimewaan unik, di mana ia dapat melihat secara vertikal siluet mangsanya, di minimnya cahaya yang ada, melalui kepalanya yang transparan.Tapi, hingga kini, peneliti masih belum tau gimana cara ikan laras/Berreleyefish ini berkembang biak.

4. Zombie Worm (Osedax)

fakta palung mariana, laut terdalam dunia, ikan laut dalam, palung terdalam dunia, laut terdalam Indonesia, ikan hantu, ikan purba.  
Foto: Redorbit

Bentuknya mirip banget sama Snake Plant/Lidah Mertua, tapi kalo makhluk yang satu ini lebih jago soal makan tulang-tulang super keras dari binatang-binatang besar kayak ikan paus.

Ukuran betina Zombie Worm cuma 5 sentimeter, dan jantannya nggak bisa keliatan dengan mata naked. Cara mereka berreproduksi mirip dengan Seadevil, dimana para jantan akan dikumpulkan oleh sang betina dalam tubuhnya, yang kemudian dibuahkan dalam sel telur.

Fakta Kerennya, Zombie Worm ini bisa menarik oksigen tipis yang ada dalam air menggunakan ‘tentakel’-nya untuk bertahan hidup di kedalaman 3000 meter di bawah permukaan laut.

5. Benthocodon

fakta palung mariana, laut terdalam dunia, ikan laut dalam, palung terdalam dunia, laut terdalam Indonesia, ikan hantu, ikan purba.  
Foto Mpc Faculty

Misteri Palung Mariana yang terakhir adalah benthocodon. Benthocodon adalah sejenis ubur-ubur yang punya ribuan tentakel, hidup di kedalaman 762 meter di bawah permukaan laut.

Ukurannya kecil banget, kebanyakan nggak nyampe 3 sentimeter. Kepalanya mirip sama bel yang ada di meja reservasi hotel, bikin penghuni palung Mariana ini jadi salah satu ikan aneh yang jago berkamuflase.

Lapisan berwarna merah buram yang ada di dalam kepalanya yang mirip bel itu, dipercaya ilmuwan berfungsi untuk menutupi cahaya yang muncul dari ikan-ikan kecil yang disantap Benthocodon, sehingga Benthocodon nggak gampang terdeteksi oleh pemangsa lain yang mungkin mau menyantapnya.

Baca juga:

Penulis: Dewa

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of