Efek yang bakal dirasa setelah berkunjung ke Sukabummi itu cuma 2: berkesan sama berkesan banget. Kenapa? Sederhananya karena segelintir destinasi yang ada di Sukabumi punya nilai lebih yang lumayan pusing buat dijelasin, tapi mega-super-asik buat dinikmatin. Contohnya, Curug Cigangsa.

Cigangsa memiliki aliran air yang lebih tenang dibanding Curug Cikaso atau curug lain di kawasan Surade, karena kontur tebingnya seperti tangga sehingga air pun nggak langsung jatuh ke dasar curug. Kalo diliat dari kejauhan, Curug Cigangsa mirip Air Terjun Niagara di Amerika.

cara dan biaya curug cigangsa

Selain itu, area sekitar curug juga lebih didominasi oleh tebing dan perbukitan, bukan sekedar hutan. Maka, jangan bingung kalo disini banyak fotografer-fotografer berkeliaran, karena emang ini habitat mereka. Persoalan bisa berenang atau nggak, semuanya tergantung cuaca.

Baca juga: Jajal Arung Jeram Terbaik Sukabumi

Perhatikan debit dan kencangnya arus air. Penting: apabila langit mulai mendung, kalian harus balik ke pos awal, karena aliran air Curug Cigangsa dapat meluap sewaktu-waktu. Jangan biarin pacar atau calon pacar yang masih dirahasiain tuhan khawatir!

cara dan biaya curug cigangsa

Akses Menuju Curug Cigangsa

Curug Cigangsa terletak di Dusun Batusuhunan, Kecamatan Surade, 30 menit dari Curug Cikaso, 90 menit dari Ujung Genteng.

Perjalanan menuju Curug Cigangsa dari Sukabumi kota memakan waktu sekiranya 3 jam. Jauh? memang. Lokasinya kan memang di dekat Ujung Genteng.

Agak sulit nyari transportasi umum. Tapi ada bus jurusan ke Surade dari terminal Sukabumi. Kalo boleh saran, sewa motor atau mobil aja. Selain lebih praktis, kamu juga bisa lebih fleksibel urusan waktu, mampir-mampir, atau melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya.

Kendaraan nggak bisa masuk sampai dalam. Kamu harus berjalan kaki selama 15 menit dari tempat parkir/pintu masuk, lewatin pematang sawah dan perkebunan warga.

Biaya/Tiket Masuk:

Setelah sampai di Curug CIgangsa, biaya pertama yang perlu kamu bayarkan adalah parkir sebesar Rp. 12.000 untuk satu mobil. Saat urusan di depan gerbang selesai, kamu bisa melanjutkan perjalanan untuk masuk ke dalam.

Untuk harga tiket masuknya sendiri, kamu hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp. 3.000. Harga ini bisa berubah di musim-musim liburan, seperti long weekend, lebaran, atau tahun baru.

Nah, itulah beberapa info tentang Curug Cigangsa yang diharap bisa membantumu jikalau ingin ke sana. Kalo kamu ingin menambahkan atau bertanya, kamu bisa sampaikan melalui kolom komentar.

Kamu juga bisa cari tempat liburan di Sukabumi yang lain, seandainya Curug Cigangsa masih kurang memenuhi kriteria kamu. Tinggal cari di kolom pencarian.

So, have a great trip, guys!

Penulis: Galih

Cari tau curug keren lain di Sukabumi dalam majalah Gloob! edisi ke-10 yang bisa kalian download secara cuma-cuma melalui link di bawah:

Download majalah Gloob! edisi ke-10

1
Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of
trackback

[…] Curug Cigangsa, Keindahan Di Balik Bencana […]