Indonesia adalah negara yang memiliki garis pantai terpanjang kedua di Dunia. Oleh karena itu, wajar bila lokasi-lokasi wisata unggulan di Indonesia merupakan wisata pantai dan sejenisnya. Sebut saja beberapa lokasi pantai Indonesia  yang sudah lebih dulu terkenal hingga mancanegara, seperti Pantai Nihiwatu di Sumba, Pantai Canggu di Bali, dan Pantai Derawan di Pulau Derawan.

Selain Sumba, Bali, dan Derawan, daerah yang juga memiliki segudang pantai cantik adalah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Bagi kamu yang ingin berlibur ke Pacitan, berikut beberapa pantai yang patut kamu kunjungi:

1. Pantai Buyutan

rekomendasi pantai di pacitan yang belum terjamah, indah, pantai buyutan
Foto: Youtube

Pantai ini terletak di Desa Widoro, Kabupaten Pacitan. Memakan waktu sekitar 5-6 jam perjalanan jika kamu berangkat dari Surabaya.

Salah satu keunikan Pantai Buyutan adalah teradapat batu karang yang berbentuk menyerupai mahkota dewa. Menurut cerita yang beredar, karang berbentuk mahkota tersebut merupakan mahkota asli salah seorang dewa yang dikenal dengan nama Narada Muni. Masyarakat percaya, mahkota Dewa Narada terjatuh ketika ia sedang terbang di atas Pantai Bayutan Ini.

Biaya/tiket masuk Pantai Buyutan: Pantai ini masih tergolong sepi atau belum terjamah banyak orang, sehingga tidak dikenakan tiket masuk. Kamu pun bisa mengunjunginya kapan saja.

2. Pantai Banyu Tibo

rekomendasi pantai di pacitan yang belum terjamah, indah, pantai banyu tibo
Foto: Pinterest

Pantai ini berlokasi di perbatasan antara Kabupaten Pacitan dan kabupaten Wonogiri.  Lebih tepatnya di Desa Widoro, berjarak +/-20 menit berkendara dari Pantai Buyutan.

Keunikan Pantai Banyu Tibo adalah adanya air terjun kecil yang berasal dari sungai yang jatuh langsung ke pasir pantai. Air terjun kecil itu pula yang membuat nama pantai ini Banyu Tibo, yang berarti “air jatuh/terjun”.

Biaya/tiket masuk Pantai Banyu Tibo: Biaya yang dibutuhkan untuk masuk ke Pantai Banyu Tibo adalah 10 ribu rupiah per orang. Untuk masuk ke kawasan pantainya, kamu perlu menapaki beberapa anak tangga lebih dulu.

3. Pantai Klayar

rekomendasi pantai di pacitan yang belum terjamah, indah, pantai klayar
Foto: Satu Lensa

Pantai Klayar bisa dibilang adalah pantai favorit wisatawan. Batu karang di pantai ini punya struktur yang menarik sehingga melulu nyaman untuk dilihat. Setiap kali ombak menerpa, munculah bunyi seperti siulan.

Pantai Klayar memiliki Pasir Putih kecoklatan yang sangat lembut dan bersih. Pantai yang tepatnya terletak di desa Kalak, Kecamatan Donorejo ini merupakan salah satu wisata andalan Pacitan yang telah dikembangkan dan dipromosikan sedemikian rupa oleh pemerintahnya.

Biaya/tiket masuk Pantai Klayar: Untuk berkunjung ke pantai ini, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp.5000 per orang pada hari senin sampai dengan hari Jumat. Sedangkan untuk weekend (sabtu-minggu) dan hari libur akan dikenakan biaya Rp.10.000 per orang.

4. Pantai Srau

rekomendasi pantai di pacitan yang belum terjamah, indah, pantai srau
Foto: Travelspromo

Pantai di Pacitan yang recommended kamu kunjungi selanjutnya adalah Pantai Srau yang berlokasi di Kecamatan Pringkuku, sekitar 25 km dari pusat Kota Pacitan. Dari pantai ini kamu bisa menikmati momen matahari terbit dan juga momen matahari terbenam yang menawan.

Pantai Srau ini seraya dibentengi deretan pohon kelapa sehingga dapat juga disebut sebagai palm beach karena nuansa nya yang terasa bak di pulau-pulau terpencil.

Biaya/tiket masu Pantai Srau: Untuk pengunjung sendiri akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Pantai Srau buka selama 24 jam non-stop.

5. Pantai Teleng Ria

rekomendasi pantai di pacitan yang belum terjamah, indah, pantai teleng ria
Foto: Agoda

Pantai Teleng Ria merupakan salah satu pantai dengan jarak tempuh yang singkat apabila kamu berangkat dari kota Pacitan. Kamu hanya perlu menempuh 3 km untuk mencapai pantai ini.

Pantai Teleng Ria selalu menghadirkan nuansa alami yang menarik, berupa beningnya air laut, pemandangan alam Gunung Limo, ombak besar, bukit batu karang, hamparan pasir yang lembut hingga rimbun pepohonan.

Biaya/tiket masuk Pantai Teleng Ria: Untuk dapat menikmati keindahan Pantai, bukit karang, biru laut, pasir lembut dan hutan cemara serta berbagai fasilitas umum di sana, kamu hanya dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 per orang pada hari biasa. Sementara pada hari libur, kamu akan dikenai Rp 15.000.

6. Pantai Watu Karung

rekomendasi pantai di pacitan yang belum terjamah, indah, pantai watu karang
Foto: Flickr

Pantai yang satu ini memiliki panjang dan luas melebihi pantai lain yang ada di Pacitan. Masing-masing ceruk pantai punya nama yang berbeda. Tapi secara keseluruhan disebut Pantai Watu Karung karena berada di Desa Watu Karung, Kec.Pringkuku.

Pantai yang dikelilingi oleh perbukitan karang dengan sabana hijau ini juga menghadirkan hamparan pasir putih yang luas dan eksotis. Ombak pantai yang cukup besar dan biru laut juga sangat cocok digunakan untuk berenang, diving, hingga surfing.

Biaya/tiket masuk Pantai Watu Karung: Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk di pantai ini alias gratis.

7. Pantai Karang Bolong

rekomendasi pantai di pacitan yang belum terjamah, indah, pantai karang bolong
Foto: Pantainesia

Hal unik yang dimiliki oleh pantai ini adalah terdapat tebing karang yang besar di mana terdapat bagian berlubang di tengahnya. Lubang tersebutlah yang menjadi asal muasal dari pantai ini disebut sebagai pantai Karang Bolong.

Posisi pengunjung berada di atas tebing yang permukaanya datar dan luas, dihiasi dengan rerumputan hijau serta beberapa pepohonan di sekelilingmu. Tebing-tebing nya pun dapat kamu jelajahi, namun yang pasti tetaplah berhati-hati dan waspada.

Selama perjalanan menuju pantai ini, mata kamu akan dimanjakan dengan panorama khas pegunungan. Jalanan yang berbelok-belok, rindang serta hijaunya pepohonan membuat perjalanan tidak membosankan.

Biaya/tiket masuk Pantai Karang Bolong: Biaya masuk ke kawasan ini masih terjangkau, berkisar antara Rp 5000 hingga Rp. 10.000/orang.

Nah, itulah beberapa pantai di Pacitan yang perlu banget kamu kunjungi jika hendak berlibur ke kota tersebut. Jika kamu punya rekomendasi objek wisata di Pacitan lainnya, share di kolom komentar, ya. Pasti ngebantu teman lain yang ingin ke Pacitan.

Baca juga:

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of