Buat kamu yang suka banget nonton film atau serial TV, pasti masih kebayang adegan yang bikin kamu baper atau nangis sampe hidung meler. Kadang-kadang bukan cuma dari akting aja yang bikin suatu adegan film jadi memorable, tapi juga pemilihan lagu yang ngiringin adegan tersebut. Pernah kepikiran ga sih, kok bisa pas ya adegan sama lagunya? Siapa sih yang bisa bikin begitu? Kenalan yuk sama profesi music supervisor!

Music supervisor atau pengawas musik adalah orang yang memilih dan melegalkan musik untuk diputar di suatu produksi film atau serial televisi. Mungkin masih banyak yang belum tahu soal pekerjaan sebagai music supervisor. Atau sebagian orang memang nggak sadar kalau ternyata ada orang yang memang punya tugas khusus untuk milih lagu yang cocok buat suatu adegan.

Music supervisor
Source: Tom Pottiger on Unsplash

Saya pun masih belum tahu apakah di Indonesia sendiri pekerjaan sebagai music supervisor memang ada atau nggak. Tapi kalau kamu suka atau sering nemenin nyokap kamu nonton FTV, pasti ngeh kalau lagunya ga jauh-jauh dari lagu Rossa yang diputer waktu adegan istri nangis pas tau suaminya selingkuh atau lagu Wali setiap adegan cowok flirting sama cewek. Mohon maaf, tapi saya harus jujur, walau adegan sama liriknya pas tapi menurut saya jauh banget dari kata memorable.

Coba kita bandingkan ya. Buat kamu yang suka nonton serial Grey’s Anatomy, pasti ngeh sama adegan memorable waktu Derek Shepperd meninggal, terus lagu Chasing Cars-nya Snow Patrol tiba-tiba diputer. Saya pun langsung merinding dari ujung kaki sampai ubun-ubun. Air mata sama ingus pun jatuhnya kebut-kebutan. Mungkin terdengar lebay, tapi itu kenyataannya.

Beda lagi waktu adegan bunuh-bunuhan di film John Wick (2014). Di mana-mana adegan berdarah-darah biasanya diiringin lagu keras atau metal biar terkesan makin tegang dan seru. Tapi di film John Wick, adegan tembak-tembakan diiringin lagu upbeat dari Kaleida yang berjudul Think. Selain punya sense yang beda, saya harus bilang ini memorable karena adegan John Wick nembak atau nusuk orang jadi kelihatan seksi, selain memang ada unsur seksinya dari Keanu Reeves ya.

Jadi, Apa Saja sih Kerjanya Music Supervisor?

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah kerjanya music supervisor cuma milih lagu buat adegan saja? Hidup tidak semudah itu nak. Bahkan, buat pop mie aja butuh proses kan. Nah, milih lagu pun ga bisa sekadar comot aja, karena ada proses legal yang harus dijalanin dan dipenuhi terkait lisensi dan hak cipta.

Nah, jadi apa aja tugas dan peran seorang music supervisor? Ini jawabannya:

1. Menjalin komunikasi dengan sutradara dan produser

Bagaimana pun sutradara dan produser adalah pihak yang punya film atau serial. Mereka pasti punya insight sendiri soal jenis musik yang sesuai dengan genre film atau serial mereka. Nah, di sini seorang music supervisor bisa mencoba mengajukan musik yang menurut mereka sesuai untuk menonjolkan suatu adegan dalam film atau serial tersebut.

2. Memilih adegan (scene) dan lagu

Di sini, tugas music supervisor adalah memilih potongan adegan dalam film atau serial dan menentukan apakah suatu adegan membutuhkan latar belakang musik atau tidak. Penentuan lagu bertujuan untuk mendukung alur cerita dan membangun sisi emosional dalam penceritaan.

Nah, kemampuan music supervisor terlihat jelas di sini. Adegan yang dikombinasikan dengan alunan musik dan lirik terbukti bisa memengaruhi sisi psikologis dan membawa penonton masuk lebih dalam ke alur cerita. Pemilihan adegan dan lagu ini tentunya bukan tanpa pertimbangan. Dibutuhin skill tingkat master Shifu untuk punya sense lagu mana yang cocok untuk suatu scene.

3. Melakukan negosiasi terkait hak cipta dan lisensi

Setelah potongan adegan dan lagu dipilih, tugas music supervisor selanjutnya adalah melakukan negosiasi ke pihak terkait untuk membeli lisensi dari lagu yang akan digunakan. Dalam hal ini pihak musisi, pencipta lagu, hingga pihak label atau perusahaan rekaman. Jika hal ini dilanggar, suatu produksi film atau serial bisa dituntut karena pelanggaran hak cipta.

Nah, salah satu kendala music supervisor dalam menentukan lagu yang tepat untuk suatu scene adalah budgeting. Biasanya, semakin terkenal musisi atau semakin populer lagu yang dipakai, semakin mahal harganya. Di sini skill negosiasi dan tawar-menawar music supervisor diuji. Yang pasti ga sama kayak nawar ember atau gayung di Brother Land ya.

4. Memastikan setiap pihak sudah menerima royalti

Tugas music  supervisor di sini adalah membuat daftar semua lagu yang digunakan dalam produksi tertentu serta memastikan semua musisi dicantumkan namanya dalam film atau serial dan menerima royalti dari setiap musik yang digunakan.

Nah, sekarang sudah tahu kan kerjanya music supervisor. Yang pasti seorang music supervisor harus punya wawasan luas soal musik dan suka ngegali musik baru atau musisi yang memang belum banyak dikenal orang biar bisa sesuai budget.

Mereka juga harus punya skill komunikasi yang bagus, karena harus berinteraksi dengan banyak orang. Mulai dari musisi, komposer, editor musik, sutradara, dan produser untuk memastikan musik yang digunakan sudah pas.

Beberapa music supervisor yang sudah diakui kemampuannya adalah Alexandra Patsavas dan Rob Lowry. Kenapa dua orang ini bisa saya bilang jago bener sebagai music supervisor? Soal itu, kita bahas di tulisan selanjutnya ya biar kamu makin penasaran. Hehe..

Penulis: Elsa

Baca juga:

1
Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of
AffiliateLabz
Guest
AffiliateLabz

Great content! Super high-quality! Keep it up! 🙂