Tam Coc ini sebenarnya terkenal karena gua-gua yang berada di gunung Karst. Tapi di luar itu, pemandangan yang hijau nan asri disertai sungai kecil yang menjadi ‘jalur transportasi’ di sana memang nilai lebih yang ada di salah satu destinasi andalan Vietnam ini.

tam coc, liburan ke vietnam, panduan cara dan biaya, backpacker
Foto: alotrip.com

Gua-gua yang ada dalam kawasan Tam Coc di antaranya Hang Ca, Hang Hai, dan Hang Ba, yang mana untuk mencapai gua-gua tersebut kamu harus menyusuri sungai Ngo Dong menggunakan perahu.

Perjalanan di sungai akan terasa seperti di negeri dongeng. Dari kejauhan terlihat jelas bukit karst menjulang kokoh, tiap sisinya selalu dihiasi pepohonan hijau. Sepanjang mata memandang hanya ada perbukitan itu. Dan sungai. Dan langit yang cerah.

Di sisi kiri dan kanan yang lebih dekat, pohon padi seakan menyapa. Mereka ribuan. Atau mungkin jutaan. Jika kamu datang di saat padi sedang subur-suburnya, warna mereka akan terlihat seperti menyatu dengan bukit karst kokoh tadi.

Masih di kawasan wisatanya, juga terdapat Bich Dong. Ini merupakan kompleks pagoda yang telah berdiri sejak tahun 1428. Arsitekturnya sedikit berbeda dengan pagoda-pagoda lain yang ada di Vietnam.

Waktu terbaik liburan ke Tam Coc: Kamu bisa datang kapan saja. Namun, jika kamu ingin melihat aktvitas di ladang padi, datanglah di bulan September; atau, kamu bisa datang di bulan Mei agar dapat melihat kupu-kupu yang tak dapat terhitung jumlahnya berkeliaran di sana.

Di mana Tam Coc?: Tam Coc terletak di bagian utara Vietnam, lebih tepatnya di Kota Ninh Binh.

Kenapa liburan ke Tam Coc?: Tam Coc masuk dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, yang tentu saja memberikan kita petunjuk bahwa tempat ini akan menyuguhkan banyak pengalaman dan hal-hal seru apabila kita menjelajah ke dalamnya.

Cara dan Biaya liburan ke Tam Coc: Dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, menuju Bandara Noi Bai, Hanoi, Vietnam, harga rata-rata tiket pesawat berkisar Rp 1.500.000 hingga Rp. 2.500.000 (pemesanan dari sebulan sebelum keberangkatan; harga selalu berubah).

Setelah sampai di Bandara Noi Bai, kamu bisa melanjutkannya menggunakan kereta, yang langsung menuju Ninh Binh, dengan harga tiket berkisar Rp. 70.000 hingga Rp. 80.000. Lalu, agar lebih puas berkeliling, kamu bisa menyewa sepeda motor untuk menuju Tam Coc dari stasiun Ninh Binh. Harga sewa satu motor sekitar Rp. 200.000/hari.

Baca juga: Destinasi Tak Wajar asal Kamboja

Penulis: Faizal Satrio

1
Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Negeri Dongeng Dari Vietnam […]