Beberapa artikel tips foto selfie yang kamu baca omongannya sama? Tenang, Gloob! nggak bakal sejahat itu dan ngebiarin kalian tenggelam dalam bingung.

Kamu pasti pernah bertanya-tanya: “kenapa foto dia lebih menarik dari foto gue? Padahal tempat dan kameranya sama.”

Kalo bener kamu pernah terbesit pikiran kayak gitu, mungkin beberapa tips ini bakal ngena banget sama kamu. Pasalnya, beberapa tips di bawah ini diambil dari pengalaman, bukan segala macam teori yang ada dalam kaedah fotografi.

Hal-hal yang perlu diingat untuk mempercantik selfie

Ini beberapa hasil pengamatan singkat tentang hal-hal apa aja yang perlu kalian perhatiin buat bikin foto selfie makin sukaesih.

1. Pilih Warna

tips foto traveling, tips foto selfie, cara foto bagus

Permasalahan ini kerap terjadi di foto selfie cowok, yaitu serba gelap. Gimana nggak? Baju hitam, background gelap, warna kulit kayak oli, ya sama aja foto dengan kamera tertutup lens cap.

Kritis terhadap warna itu perlu, karena warna merupakan salah satu elemen terpenting dalam foto. Semakin berantakan warnanya, maka semakin buruk juga kualitas fotonya.

Pilihlah warna baju yang paling kontras dengan background, atau buatlah background yang kontras dengan warna baju yang digunakan. Lalu, sesuaikan dengan terangnya cahaya yang ada guna mengoptimalkan hasil foto tersebut.

2. Perhatikan Komposisi

tips foto traveling, tips foto selfie, cara foto bagus

Agak krusial permasalahan ini. Kalau kalian sudah punya backgroud foto yang bagus, komposisinya juga harus diperhatikan.

Jangan menempatkan diri terlalu dekat atau terlalu samping dari frame foto, manfaatkan fitur garis panduan/grid yang tersedia di setiap kamera sebagai pedoman kalian menempatkan diri saat berswafoto.

Perhatikan juga penggunaan lensanya. kalau kalian menggunakan lensa fish eye, jangan mengambil foto dengan sudut pandang rendah, itu akan membuat kalian terlihat gemuk!

3. Mobile Lamp

tips foto traveling, tips foto selfie, cara foto bagus

Tentu aja cahaya yang ada menunjang kualitas hasil foto. Banyak kasus foto selfie tapi nggak kelihatan wajah orangnya. Biasanya itu karena ia melawan cahaya yang datang sehingga foto pun terlihat over-exposure atau cahaya yang masuk terlalu berlebihan.

Kalau berfoto dirumah, kalian cukup bermodalkan 20 ribu untuk membeli kabel, lampu, dan rumah-lampu agar bisa dijadikan mobile lamp. Jika sudah membuat mobile lamp, kalian dapat mengkreasikan arah datangnya cahaya agar foto terlihat lebih menawan.

4. Jangan Lebay

tips foto traveling, tips foto selfie, cara foto bagus

Bingung sama judul diatas? Maksudnya tuh jangan lebay sama editan fotonya. Banyak banget orang yang ngedit foto sampai warna kulitnya putih, seputih kertas HVS.

Bagaimanapun, yang namanya editan pasti kelihatan bedanya dengan foto asli. Kalau mau mengedit foto, ya, secukupnya aja. Jangan berlebihan. Itu malah membuat foto kalian terlihat aneh.

Main di pencahayaan aman. Atur brightness and contrast-nya juga secukupnya, jangan dibikin over-exposured. PENTING: Kalo nggak mau bikin foto dengan efek gloomy atau misty gitu, perkecil penggunaaan fitur shadow and highlight.

5. Background Unik

tips foto traveling, tips foto selfie, cara foto bagus

Background unik disini bukan berarti kalian harus berfoto diatas gedung tinggi atau dipantai yang indah tapi jauh, melainkan kalian harus cermat memilih background yang akan dijadikan tempat berswafoto.

Tembok rumah yang polos bisa menjadi pilihan background foto kalian. Jika ingin lebih unik, kreasikan tembok rumah dengan menempelkan koran bekas, kertas asturo yang berwarna warni, atau buatlah sebuah typografi menggunakan kapur.

Nah, itulah beberapa tips foto selfie untuk kamu terapkan nantinya. Kalo kamu ngerasa ada yang kurang dan mau nambahin, silakan kasih masukannya di kolom komentar.

Eh, kalo kamu berhasil foto selfie sesuai keinginanmu, tag kami di Twitter, ya: @gloobmagz

Baca juga: Tips Menyesuaikan Warna Pakaian Dengan Kebutuhan

Penulis: Galih

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of