Dari luar, atap-atap bangunan dengan bentuk tajam seperti anak panah terlihat. Bagian bawahnya dan hiruk pikuk di dalamnya tertutupi bangunan kecil seperti rumah yang panjang berfungsi sebagai pagar.

wat phra kaew, liburan ke thailand, backpacker, biaya
Foto: tripadvisor.com

Setelah masuk, bangunan-bangunan seperti rumah berwarna hijau dan merah tampak lebih jelas. Tak jauh dari bangunan-bangunan tersebut berdiri kokoh patung, stupa, dan kuil yang kebanyakan dilapisi warna emas.

Di dalam area Wat Phra Kaew terasa seperti sebuah kota kecil sederhana di sebuah film dengan latar tahun 40an. Situasi tetap tenang walau pun ratusan wisatawan hilir-mudik di dalamnya.

Wat Phra Kaew atau dikenal juga dengan nama Temple of The Emerald Buddha ini merupakan salah satu destinasi wisata kebanggaan Thailand. Di tanah seluas 94,5 hektar ini terdapat lebih dari 100 bangunan yang berumur ratusan tahun, yang mana Phra Ubosot menjadi bangunan utamanya, atau area paling suci di tempat ini.

Meskipun dikenal dengan nama Wat Phra Kaew atau Temple of Emerald Buddha, nama tempat ini secara resmi adalah Wat Phra Si Ratthana Satsadaram, yang memiliki arti kuil Buddha permata suci.

Terdapat gambar Buddha di salah satu sisi lokasinya. Berukuran tidak terlalu besar, hanya sekitar 60 cm. Meski demikian, tidak ada satu pun orang yang boleh menyentuh gambar tersebut selain raja dan petinggi kerajaan.

wat phra kaew
Foto: Bangkok(dot)com

Hal yang Perlu di Perhatikan di Wat Phra Kaew

Ada pun hal yang perlu diperhatikan jika ingin masuk ke dalam komplek Wat Phra Kaew: jaga penampilan. Sesopan mungkin. Hindari menggunakan pakaian yang mengandung unsur kekerasan, agama, atau kematian.

Pria harus menggunakan sepatu, celana panjang, dan juga kemeja lengan panjang; Wanita juga wajib menggunakan rok panjang dan atasan yang rapih seperti pria. Jika tidak, kamu harus menggunakan pakaian yang telah disediakan pihak pengelola.

Selain pakaian, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan, yakni:

  • Tidak menggunakan topi, kacamata, atau earphone
  • Tidak berisik
  • Tidak sembarangan menyentuh atau menunjuk suatu objek yang ada
  • Tidak mengunyah permen karet, nyemil, dan tentunya merokok
wat phra kaew, liburan ke thailand, backpacker, biaya
Foto: getyourguide.com

Waktu terbaik liburan ke Wat Phra Kaew, Thailand

Setiap saat, kecuali jika sedang berlangsung upacara atau tradisi tertentu umat Buddha disana.

Cara dan Biaya liburan ke Wat Phra Kaew, Thailand

Dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, menuju Bandara Suvarnabhumi, Bangkok, harga tiket berkisar Rp. 700.000 hingga Rp. 800.000 (pemesanan seminggu sebelum keberangkatan; harga selalu berubah).

Dari Bandara Suvarnabhumi, kamu dapat melanjutkan perjalanan menggunakan bus bernomor 1, 3, 9, 15, 25, atau 30 yang tujuannya ke The Grand Palace (Wat Phra Kaew masih satu wilayah dengan Grand Palace).

Harga tiket bus untuk satu kali jalan sekitar Rp. 4.000 hingga Rp. 9.000 (tergantung jenis bus yang kalian pilih). Untuk tiket masuk ke Wat Phra Kaew, kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 200.000 (The Grand Palace, Tekstil Museum, dan Museum Vimanmek sudah termasuk di biaya tersebut).

Baca juga: Surga Dunia ala Filipina

Penulis: Dewa Aji Panggalih

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of