Buat kamu yang mau nantang nyali dan berhubungan sama air, Sukabumi punya apa yang kamu cari! Sebab, kota yang terkenal akan wisata kulinernya ini juga memiliki sejumlah arung jeram dengan tingkat kesulitan yang ampuh mempercepat detak jantung.

Bagi Gloob, Sukabumi merupakan kota penuh keseruan. Hampir semua jenis petualangan tersedia di kota ini. Kamu mau makan-makan enak? Jangan ditanya, banyak. Kamu mau belajar sejarah? Lengkap. Bahkan kalo kamu mau beraktivitas di air tapi bukan berenang-berenang biasa, Sukabumi bisa menyuguhkan pilihan terbaiknya, yaitu arung jeram.

Bukan cuma satu, tapi dua pilihan arung jeram di Sukabumi yang bisa kamu coba. Dua arung jeram tersebut adalah arung jeram Sungai Citatih dan Sungai Citarik.

Masing-masing arung jeram tentunya punya keunggulan, jarak, dan tingkat kesulitan yang beda. Kamu bisa pilih sesuai seleramu. Tapi kalo mau ‘sikat’ dua-duanya, ya monggo banget. Yang jelas, nama kedua arung jeram ini sudah sangat harum di kalangan arung jeram mania seantero Nusantara.

ARUNG JERAM SUNGAI CITATIH

Wisata arung jeram di Sukabumi
Foto: Indo Outbond

Yap, arung jeram di Sukabumi pertama adalah arung jeram Sungai Citatih. Butuh nyali dan komitmen yang besar untuk mengarungi sungai ini, karena sungai ini masuk dalam grade 3 pada aktivitas rafting.

Grade 3 tuh berarti udah kelas menengah, dan harusnya yang main jeram kelas ini udah punya pengalaman berarung jeram sebelumnya.

Terdapat setidaknya 20 jeram ekstrem yang harus dilewatin, dan yang terkenal adalah Jeram Gigi, Jeram Coffee, dan Jeram Naga. Jaraknya pun variatif, kamu bisa pilih sesuai keinginan.

Kalo boleh kasih saran, coba deh Jeram Naga. Yang bilang Jeram Naga itu asik bukan Gloob! doang kok.

Kalo kamu emang adrenaline junkie banget-nget-nget, coba tanya ke pihak pengelola, “ada apa lagi, Mas?” Biasanya pihak pengelola bakal menawarkan kegiatan outdoor lainnya, seperti mountain biking atau paint ball.

  • Lokasi Arung Jeram Citatih: Jl. Raya Pelabuhan Ratu KM 30, Warung Kiara. +62 856 9574 7057/+62 812 1257 6009
  • Biaya/harga Arung Jeram Citatih: Jeram 13 km: (minimal 5 orang) Rp. 375/orang. Mountain Biking: Rp. 275.000/orang. Paint ball: Rp. 220.000/orang.

ARUNG JERAM SUNGAI CITARIK

Wisata arung jeram di Sukabumi
Foto: wisatajawa.co.id

Jika Citatih terasa kurang, bahkan cenderung biasa-biasa aja dan cuma bikin nyali serasa dikelitikin, kamu berarti wajib mencoba arung jeram sungai Citarik yang masuk kategori grade 4!

Ada beberapa varian jarak yang bisa kamu pilih di Sungai Citarik, yaitu 5 km, 9 km, dan 12 km. Masing-masing jarak memiliki durasi lintas dan tingkat kesulitan yang berbeda.

Kalo kamu emang ngerasa butuh dorongan adrenalin yang lumayan keras, jalur 9 km harusnya cocok. Tapi jika kamu maunya yang lama, menguras tenaga, dan bikin jantung jedag-jedug dengan cepatnya tanpa henti, maka jalur 12 km adalah sejatimu.

Selain erung jeram, di sungai Citarik ini juga tersedia beberapa paket petualangan yang sama seperti di Sungai Citatih, seperti flying fox dan paint ball.

  • Lokasi Arung Jeram Citarik: Jl. Raya Pelabuhan Ratu KM. 27, Cikiray, Cikidang. 0878 7513 7077/085774406386 (Talenta Outbond).
  • Biaya/harga Arung Jeram Citarik: Jeram 5 km (minimal 10 orang): Rp. 225.000. (Harga sudah termasuk makan, cemilan, jemputan di meeting point, dan asuransi).

Nah, itulah kedua arung jeram di Sukabumi yang paling ikonik. Kamu baru mau nyoba atau udah pernah? Kalo ternyata pernah, share dong cerita serunya di komentar. Plisss.

Kalo kamu butuh referensi destinasi liburan di Sukabumi yang asoy geboy, kamu bisa cari lewat kolom pencarian, ya. Masih banyak loh. Mulai dari gua, tebing, sampai pantai, di Sukabumi ada!

Penulis: Galih

Baca juga:

1
Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Adu Nyali di Arung Jeram Terbaik Sukabumi […]