Blora merupakan kabupaten di provinsi Jawa Tengah, yang terletak sekitar 127 km sebelah timur Semarang. Kabupaten ini memiliki banyak objek wisata memesona, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto Instagramable, Goa, sampai Waduk yang sangat memanjakan mata dan patut kamu masukan ke daftar destinasi liburan selanjutnya.

Selain beberapa atraksi wisata di atas, Blora juga memilki makanan–makanan dan minuman bercitarasa khas yang jago menggoyang lidah. Jika kamu sedang atau akan berwisata ke Blora, pastikan kamu mencoba wisata kuliner Blora berikut ini:

1. Sate Ayam Blora Pak Teguh

wisata kuliner blora
Foto: Info Blora

Sate Ayam Pak Teguh berada di Jl. Pemuda 25 Blora. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota alias Alun-alun Blora.

Warung makan ini buka mulai dari pukul 7-10 malam. Perbedaannya dengan penjaja sate lainnya, sate ayam yang disajikan di tempat ini memiliki tekstur yang lebih empuk karena terbuat dari daging ayam muda. Bumbunya pun terasa lebih meresap ke dalam daging. Sekali mencobanya pasti langsung akan membuatmu ketagihan!

Per tusuknya, Sate Ayam Pak Teguh dijual dengan harga Rp. 2.500.

2. Soto Klethuk Pak Galo

Foto: Liputan6

Pada dasarnya, Soto Klethuk Pak Galo tak jauh berbeda dari kebanyakan penjaja soto di Blora. Kuahnya bening tanpa santan seperti soto Semarang, juga ada tambahan telur layaknya soto Lamongan.

Dinamakan soto klethuk karena ada bahan pelengkapnya yang terbuat dari ketela yang dipotong dadu kecil-kecil lalu digoreng. Nama klethuk berasal dari suara klethuk-klethuk yang dihasilkan ketika memakan soto ini.

Soto Klethuk Pak Galo terletak di Jalan Gunung Sindoro yang bersimpangan dengan Jl Pemuda Blora. Untuk satu porsi bersama nasi, telur rebus, ayam suwir, dan toge Soto Klethuk Pak Galo dihargai Rp 10.000.

3. Lontong Tahu Pak Darsip

Foto: Travel Today Indonesia

Sesuai dengan namanya, makanan ini menggunakan tahu sebagai bahan utamanya. Dalam pembuatannya, tahu tersebut kemudian dicampur dengan telur dan sedikit garam kemudian digoreng untuk disajikan dengan lontong dan bumbu kacang.

Alasan mengapa Lontong Tahu Pak Darsip masuk dalam rekomendasi wisata kuliner Blora versi Gloob! adalah karena tempat ini merupakan salah satu penjaja lontong tahu legendaris. Sudah berdiri sejak 1984, dan pernah menjadi juara pertama dalam lomba kuliner Blora beberapa waktu lalu!

Untuk mencobanya, kamu bisa langsung mendatangi Lontong Tahu Pak Darsip yang beralamat di jalan RA Kartini 55 Kunden, Kec. Blora. Harga yang dipatok untuk satu porsi lontong tahu sangatlah terjangkau, yaitu Rp. 10.000.

4. Dumbeg

dumbeg blora, wisata kuliner blora

Dumbeg adalah makanan tradisional berbahan dasar tepung beras, gula aren dan garam yang dibungkus dengan daun lontar atau janur untuk kemudian di kukus.

Bentuknya yang menyerupai terompet, menunjukkan keunikan dengan khas daerah Blora yang tidak ditemui pada daerah lainnya.

Kendalanya, makanan ini sudah mulai sulit ditemukan. Jika kamu ingin mencobanya, cobalah ke pasar-pasar tradisional yang ada di Blora. Biasanya, pedagang-pedagang di pasar tradisional masih menawarkan jajanan ini.

5. Wedang Cemohe

wisata kuliner blora
Foto: IniBaru

Minuman ini pada dasarnya adalah wedang jahe yang banyak ditemui di daerah-daerah lain. Yang membedakan wedang jahe khas Blora ini dengan wedang jahe lainnya adalah adanya tambahan bahan seperti roti tawar, irisan kelapa kecil, kacang tanah goreng dan susu krim.

Jika kamu ingin mencicipi wisata kuliner Blora yang satu ini, kamu bisa langsung datang ke Jalan Togosari Raya no.1, Blora. Harganya pun cukup murah. Hanya dengan Rp. 5000 – Rp. 10.000, kamu sudah mendapatkan satu porsi/gelas wedang cemohe.

6. Es Jati Blora

Foto: Resep Nusantara

Sesuai namanya, es jati, es ini terbuat dari pohon jati, lebih tepatnya campuran pucuk daun jati yang masih muda & diberi pemanis air gula Jawa.

Pucuk jati muda yang digunakan akan menambah aroma khas yang menenangkan. Penjualnya banyak tersebar di sepanjang Jalan Pemuda dan Jalan Mr Iskandar, yang tak lain jalan utama kota ini. Minuman unik ini dihargai Rp. 3.000-Rp. 5.000 per bungkusnya.

Kamu pasti langsung tertarik untuk mencoba wisata kuliner Blora yang unik ini, bukan?

7. Sate Kambing Pak Watono

Foto: Zomato

Tidak lengkap rasanya saat berkunjung ke kota yang juga dijuluki Kota Sate, jika belum merasakan makanan khas utamanya, yaitu sate kambing. Salah satu warung sate kambing yang terkenal di Blora adalah warung sate kambing Pak Watono.

Sate Kambing Pak Watono memiliki tesktur daging yang lebih empuk dari penjaja sate di kota-kota lain. Hal itu dikarenakan Pak Watono memilih kambing yang masih muda dan terjamin sehat.

Kelebihan lain yang membedakan Sate kambing Pak Watono adalah bumbu kacangnya yang kental & nasinya yang disiram kuah opor berwarna kuning, tak lupa dengan taburan bawang gorengnya. Dijamin nikmat!

Untuk mencicipinya, kamu bisa langsung datang ke gerai Sate kambung Pak Watono yang berlokasi di Jl. Gunung Sumbing, Blora. Warung ini buka mulai dari pukul 16.00 hingga 23.00. Harga sate kambing per tusuk adalah Rp. 4.500.

Nah, itulah beberapa wisata kuliner Blora yang perlu kamu coba jika berkunjung ke sana. Kalau kamu punya rekomendasi sendiri, share di kolom komentar, ya. Pasti berguna banget buat teman-teman lain yang melihatnya.

Penulis: Rakha Hertrianto

Baca juga: 

Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of