Pangandaran terkenal karena jejeran pantainya yang membius. Tapi di sisi lain, nggak jauh dari kawasan pantai Pangandaran, ada destinasi wisata yang menawarkan hal berbeda dan cukup jauh dari imej Pangandaran itu sendiri.

Sungai Citumang, sebuah sungai berair biru jernih, udaranya sejuk cenderung dingin, dengan pepohonan rimbun di sekelilingnya. Kita ngapain? Bengong ngelihatin sungai? nggak dong. Berenang-berenang lucu pastinya!

Tags: wisata Pangandaran, Sungai Citumang, Tiket masuk
Foto: © Gloob! – Dewa Aji Panggalih

Sungai Citumang udah dikelola dengan sangat baik oleh warga dan pemerintah, jadi banyak wahana di dalamnya yang tersedia dan siap menyambut kamu.

Wahana? Yap, wahana.

Kamu bukan cuma berenang-renang gemes kayak ikan nemo, tapi juga ditantang untuk terjun dari tebing setinggi 7 dan 13 meter! Berani? Satu lagi yang paling penting: harganya terjangkau!

Mei hingga Juli bisa jadi pilihan waktu terbaik buat berkunjung ke Sungai Citumang, karena umumnya cuaca disana cerah, jarang turun hujan.

Rafting di Sungai Citumang seenggaknya berlangsung selama 2 jam. Di dua jam itu, kamu bakal nemuin aneka keindahan alam Pangandaran yang bener-bener di atas ekspektasi.

Di spot pertama aja, sebelum dimulai raftingnya, kamu disuguhin taman yang dikelilingi pepohonan asri. Banyak juga pendopo yang bisa kamu jadiin tempat untuk santai sejenak.

sungai citumang
Foto: © Gloob! – Dewa Aji Panggalih

Nggak jauh dari pendopo itu, ada kolam yang berisi ikan-ikan kecil. Kamu bisa tuh coba terapi ikan di situ. Menurut penuturan pengelola tempat wisata, ikan-ikan kecil itu bakal memakan sel-sel kulit mati. Jadi, kulit kamu bisa lebih sehat.

Lanjut ke sungainya. Di awal-awal, kamu akan nemuin goa besar yang panjangnya kurang lebih 20-40 meter. Goa itu buntu. Nah, di mulut goa-nya, ada spot untuk lompat tebing. Ketinggiannya sekitar 7 meter.

Menurutmu 7 meter itu biasa aja? Mmmm, coba dulu deh. Paling pas di atas tebing, lututmu tiba-tiba tremor.

Saat kamu sudah puas melompat-lompat ria, kamu bisa melanjutkan petualangan.

paket body rafting citumang
Foto: © Gloob! – Dewa Aji Panggalih

Banyak spot-spot unik lain yang bakal kamu temui sepanjang rafting di Citumang. Tapi, ada beberapa yang menjadi favorit Gloob!.

Pertama adalah area terdalam. Jadi, ada sebuah area sungai di tengah jalur rafting yang kedalamannya diperkirakan mencapai 12 meter. Kamu pasti melewati area itu.

Apa pun yang terjatuh ke dalam area itu, akan sulit untuk di ambil lagi. Pemandu Gloob! waktu itu sampai bilang, “Mending kamera dan bawaan lainnya disimpen dulu. Area ini kedalamannya 12 meter-an. Kalo ada yang jatuh, ngambilnya harus pake peralatan diving.”

Mantep nggak tuh?

Kedua adalah spot lompat tebing tertinggi.

Nah, mulai bingung kan? Spot lompat tebing 7 meter di awal itu nggak ada apa-apanya. Di dekat area sungai terdalam, ada spot lompat tebing yang ketinggiannya mencapai 13 meter.

Sebenernya spot lompatnya bukan di tebing, melainkan di ranting pohon. Waktu rekan-rekan Gloob! mau coba dan udah berdiri di titik tertingginya, semua dari mereka mengurungkan niat dan turun dengan wajah yang pucat.

Jadi gimana? Makin tertantang?

Oh, satu lagi nih. Kalo kamu beruntung, pas rafting kamu bisa berenang bareng biawak.

harga tiket masuk sungai citumang
Foto: © Gloob! – Dewa Aji Panggalih

Paket body rafting

Untuk paket body rafting, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 100.000. Beberapa waktu kemarin, Gloob! denger harganya udah turun menjadi Rp. 90.000 per orang. Dalam paket ini, kamu udah dapet pemandu dan makan setelah rafting selesai. Sumpah, makanannya enak-enak!

Selainn body rafting, fasilitas lain yang tersedia ada river tubbing. Sebenernya ini nggak beda jauh sama body rafting, hanya saja kamu menelusuri sungainya menggunakan ban/pelampung. Untuk harga, per orangnya hanya dikenakan biaya Rp. 125.000. Sama seperti body rafting, paket ini juga udah termasuk makan.

Bukan hanya one day trip, kamu juga bisa menginap di kawasan wisata Sungai Citumangnya. Paket rafting+penginapan, dengan minimal 10 orang, biaya perorangnya adalah Rp. 200.000. Setiap paket udah termasuk peralatan, pemandu, dan juga makan.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa menghubungi pihak pengelola objek wisata di nomor ini: 0852-2092-3723.

Tags: wisata Pangandaran, Sungai Citumang, Tiket masuk
Foto: © Gloob! – Dewa Aji Panggalih

Rute menuju Sungai Citumang Pangandaran

Dari Jakarta, kalian bisa menggunakan bus menuju Pangandaran, dengan tarif yang berkisar dari Rp. 85.000 hingga Rp. 120.000 untuk sekali jalan. Dari Pangandaran, kalian lanjut dengan angkutan umum PangandaranCijulang yang bertarif Rp. 5.000/sekali jalan dan berhenti di persimpangan Desa Sukaresik, memakan waktu sekitar 15 menit perjalanan dari Pangandaran.

Lalu, tepat di persimpangan, kalian dapat menyewa ojeg untuk langsung diantar ke gerbang masuk Wisata Sungai Citumang dengan biaya Rp. 30.000 sampai Rp. 50.000.

Penginapan di Sungai Citumang dan Pangandaran

Villa Angela: Wifi, AC, Kamar mandi di dalam, Rp. 300.000, (0265) 639641; Holiday Beach Inn: Wifi, AC, Kolam renang, Kamar mandi dalam, TV, mulai dari Rp. 350.000, +62 265 633700; Puri Malinda Hotel: AC, Wifi, Taman, Kamar mandi dalam, TV, Rp. 350.000, +62 812-2320-9761. Daftar barusan adalah penginapan dekat panta Pangandaran. Penginapan di kawasan tersebut tergolong banyak, mudah ditemui, dengan harga dikisaran 350rb/malam.

Baca juga: Selusur Kesejukan Telaga Remis

Teks & Foto: Galih

1
Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of
trackback

[…] Sepertinya saat itu hanya ada saya. Tak satu pun kendaraan yang melintas di jalanan sebesar ini. Saya beristirahat. Memulihkan tenaga yang habis dilucuti keseruan Pangandaran. […]