Terletak di Kota Cirebon, Tamansari Gua Sunyaragi nggak cuma menyimpan panorama yang bikin mata seger, tapi juga segudang sejarah di baliknya. 

Destinasi wisata Cirebon yang punya puluhan gua dengan fungsi yang berbeda-beda ini dapat kamu sambangi satu persatu. Dari depan dan kalo dilihat sekilas, tempat ini lebih mirip tumpukan batu biasa. Tapi kalo kamu selusurin lebih dalem, kamu bakal ngerti betapa bernilainya Tamansari Gua Sunyaragi.

Taman sari gua sunyaragi, harga tiket masuk, biaya, fakta

Sejarah Tamansari Gua Sunyaragi

Banyak versi yang ngebahas tentang berdirinya Gua Sunyaragi ini. Tapi, masyarakat Cirebon lebih percaya versi Pangeran Kararengan, cicit Sunan Gunung Jati, yang menjelaskan bahwa gua ini dibangun pada tahun 1703.

Taman ini dulunya dipakai untuk meditasi gitu oleh sultan Cirebon dan keluarganya. Putri-putri dari kesultanan Cirebon sering bermain di taman air yang terletak di tengah komplek Sunyaragi.

Masing-masing bagian yang ada di wisata Cirebon Taman Sari Gua Sunyaragi ada fungsinya. Seperti yang tadi dibilang, ini adalah milik kesultanan, di dalamnya terdapat banyak banget misteri, intrik, dan keistimewaan.

Tamansari Gua Sunyaragi juga digadang-gadang punya keterkaitan dengan lepasnya penajajah dari tanah Jakarta. Menurut penuturan salah satu Abdi yang tim Gloob! temui, Keratonan Cirebon menggunakan Tamansari Gua Sunyaragi sebagai tempat mengatur strategi untuk melakukan pengusiran.

Di samping itu, banyak hal di dalam tempat wisata ini yang agak rumit buat dimengerti. Misteri yang ada di Tamansari Gua Sunyaragi ini banyak, tapi yang paling heboh adalah patung/tugu kecil di tengah taman air yang nggak boleh disentuh.

Warga sekitar sih meyakini ada semacam kutukan kalo kamu nyentuh itu, yaitu mitos nggak nikah-nikah! alias jomblo abadi.

Gimana? Berani ke sana dan membuktikannya?

Taman sari gua sunyaragi, harga tiket masuk, biaya, fakta

Macam-macam gua dan fungsinya

Nah, berikut beberapa gua yang ada di Tamansari Gua Sunyaragi beserta fungsinya:

  • Bangsal Jinem: Biasanya di sinilah tempat Sultan ngasih pelatihan dan wejangan (saran) pada prajuritnya.
  • Gua Pengawal: Ini nih tempat ngumpulnya pengawal-pengawal Sultan.
  • Gua Pandekemasang: Kalo ini tempat untuk membuat senjata tajam.
  • Gua Siamnyang: Gua ini biasa dipakai sebagai pos penjagaan.
  • Gua Lengse: Ini yang paling santai, karena ini tempatnya Sultan nyantai.
  • Gua Peteng: Dipercaya dulunya digunakan sebagai tempat bermeditasi, semacam nyari kesehatan atau kekebalan tubuh.
  • Gua Arga Jamrud: Dulunya, nggak sembarang orang bisa masuk, karena ini tempat khusus orang penting keraton.
  • Gua Padang Ati: Sama kayak Gua Peteng, tempat ini juga dipakai sultan buat bermeditasi.
  • Gua Kelanggengan: Nah, kalo ini wajib dicoba, karena tempat ini adalah tempat bersemedi agar langgeng jabatan.
  • Gua Lawa: Entah kenapa, tapi ini adalah tempat khusus kelelawar.
  • Gua Pawon: Nah, kalo yang satu ini semacem dapur gitu, buat nyimpan makanan.
Taman sari gua sunyaragi, harga tiket masuk, biaya, fakta
Pemandangan dari atas kolam. Terdapat beberapa gua yang langsung menyambung ke gua lain.

Tiket masuk Tamansari Gua Sunyaragi

Untuk biaya masuk, kamu hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp. 10.000. Namun jika lebih dari 5 orang, pihak pengelola mewajibkan kamu menggunakan tour guide. Entah apa maksudnya. Tapi, penjelasan si Tour guide cukup oke kok. Nambah wawasan banget. Perlihal harga, kamu hanya perlu mengeluarkan ekstra budget sebesar Rp. 50.000.

Selain tiket masuk, kamu juga perlu menyiapkan budget untuk parkir kendaraan, seandainya kamu bawa kendaraan pribadi. Lagipula, terkangkau kok. Untuk satu mobil, kamu hanya dikenakan biaya Rp. 5.000.

Baca juga: 4 Makanan Khas Cirebon yang Wajib dicicipi!

Teks & foto: Dewa Aji Panggalih

1
Leave a Reply

Please Login to comment

Apa yang ingin kamu sampaikan?

  Subscribe  
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Wisata Cirebon: Menjelajah Aneka Gua di Tamansari Gua Sunyaragi […]